Sukses

Mengatasi Sembelit pada Anak
22 Apr 2017, 00:22 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok sy mau tnya tetang anak sy ni.anak sy bab keras bagai mana mengatasi nya ya dok.krn sy ksh buah tidak mau mkn ksh sayur kadang kadang susah mkn.bagai mana ya dok tolong bantuan nya sy udah pusing dan tidak tega .tolong y dok

Terimakasih telah bertanya seputar sembelit pada anak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelum membahas kondisi anak Anda, perlu kami tanyakan hal-hal berikut ini:

  • Berapa usia anak Anda? Apakah sudah berusia di atas 6 bulan?
  • Berapa berat badannya saat ini?
  • Bagaimana pola makannya sehari-hari? Apakah mengkonsumsi sayur dan buah?
  • Susu apa yang dikonsumsi? ASI kah? Susu Formula atau UHT?
  • Apakah anak Anda suka minum air putih? 
  • Bagaimana nafsu makan anak Anda?
  • Apakah anak Anda menangis atau menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman ketika akan BAB? Apakah Anda menemukan luka di sekitar anusnya?

Sembelit atau konstipasi adalah ketidakmampuan mengeluarkan tinja secara sempurna yang terlihat dari berkurangnya frekuensi BAB dari biasanya, tinja lebih keras, lebih besar dan nyeri dibandingkan sebelumnya, serta pada perabaan perut teraba keras akibat penumpukan massa tinja. Konstipasi yang sesungguhnya adalah apabila sulit BAB lebih dari 2 minggu.

Penyebab konstipasi yang paling sering adalah riwayat trauma sebelumya saat BAB, bisa karena nyeri akibat tinja yang keras, atau fobia akan toilet, yaitu ketakutan akan toilet karena jorok, berbau, dll. Akibatnya, anak akan menahan tinjanya dan tidak mau BAB. Tinja yang ditahan akan semakin keras karena air diserap oleh usus. Siklus ini akan berlangsung terus-menerus bila tidak diputus.

Konstipasi juga bisa terjadi apabila anak sedang dalam kondisi sakit. Namun biasanya ketika kondisi tubuh sudah lebih baik, konstipasi akan membaik dengan sendirinya.

Terkait pola makannya, apakah anak Anda mau makan sayur atau buah yang diblender? Jika bisa disamarkan, tetap masukkan sayur dan buah ke dalam menu makanan anak Anda. Buah-buahan yang dianjurkan adalah pepaya, pir, apel, alpukat serta buah naga. Buah-buahan ini bersifat sebagai pencahar dan melunakkan tinja.

Selain itu, tingkatkan pula konsumsi air putih anak Anda. Bila anak kurang minum air putih, tinja akan cenderung keras.

Bila anak Anda sangat terpengaruh psikologisnya karena riwayat BAB yang menyakitkan di masa lalu, ada baiknya mencari bantuan dokter anak, psikolog atau psikiater anak untuk mengatasi ketakutannya. (Baca: Solusi Bagi Anak yang Trauma BAB)

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sembelit pada anak. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar