Sukses

Gatal pada Bokong Menjelang Haid
21 Apr 2017, 14:07 WIB
Pria, 29 tahun.

Sebelum datang bulan,bokong saya selalu gatal dan menjadi seperti melepuh dan sampai merah sekali.didalamnya ada air.dan setiap kali dapat,hanya di satu tempat itu saja,tetapi ketika selesai datang bulan,hilang.bagaimana solusinya?

Terimakasih Anda telah bertanya tentang gatal di bokong menjelang haid melalui fitur Tanya Dokter.

Dari keluhan yang Anda rasakan bisa jadi Anda menderita keluhan alergi terhadap progesteron. Progesteron merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh dan terutama berperan dalam siklus reproduksi wanita. Para ahli menduga setidaknya terdapat dua penyebab yang memicu respons alergi terhadap progesteron. Pertama, kondisi autoimun dan kedua, karena efek dari reseptor progesteron pada sistem kekebalan tubuh. Kondisi autoimun terjadi saat sistem kekebalan tubuh gagal mengidentifikasi bahan kimia atau enzim yang diproduksi oleh tubuh sebagai bagian integral dari proses fisiologi internal. Kegagalan identifikasi ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang zat yang dianggapnya berbahaya sehingga memicu reaksi alergi.

Peradangan pada kulit merupakan reaksi paling umum yang diperlihatkan oleh orang yang menderita alergi progesteron. Selain itu, ruam kulit dan jerawat selama periode produksi progesteron saat puncak siklus menstruasi juga umum dijumpai. Gejala yang sama akan terlihat saat orang tersebut menjalani pengobatan, prosedur, atau terapi yang melibatkan pemberian progesteron. Intoleransi atau alergi terhadap kedua hormon ini sering memicu berbagai keluhan seperti migrain saat menstruasi, masalah kulit (eksim, folikulitis, ruam, melepuh, gatal-gatal, dll), serangan asma (pada orang yang sudah menderita asma kronis), retensi air, dll.

Jika keluhan dirasakan sangat mengganggu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait gatal pada bokong menjelang haid, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar