Sukses

Tanda Persalinan
21 Apr 2017, 14:07 WIB
Pria, 29 tahun.

Selamat pagi dook.. saya sedang hamil 38+3 hari, ini merupakan hamil pertama saya. Yg saya mau tanyakan sekitar 3hari yg lalu ada rembesan air sedikit pd vagina sy encer dan tidak berbau lalu 2 hari setelah itu sy mules yg tdk bisa buat tidur dari jam 1mlm sampai jam 2 dibarengi dengan nyeri selangkangan punggung dan paha. hari ini /3 hari setelah rembesan itu msh nyeri selangkangan hingga paha.. apakah ini tanda tanda melahirkan ya dok? oh iya hpl nya 30 april. mohon infonya dok terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang tanda persalinan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, namun sulit bagi kami untuk melakukan diagnosis dengan keterangan yang terbatas dari Anda. Nyeri selangkangan hingga paha bisa jadi merupakan tanda kepala bayi yang sudah mulai turun menuju jalan lahirnya. Karena menekan berbagai organ di sekitar rongga panggul, beberapa ibu hamil akan merasakan sensasi yang tidak nyaman, salah satunya adalah nyeri di selangkangan.

Adapun tanda persalinan pada ibu hamil adalah sebagai berikut :

  1. Lendir bercampur darah
    Sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir kemerahan karena bercampur darah. Hal ini dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai Anda mendapatkan kontraksi yang teratur atau air ketuban pecah, sebelum Anda pergi kerumah sakit. Namun Anda harus segera menghubungi dokter apabila terjadi pendarahan hebat.
  2. Air ketuban pecah
    Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau.
  3. Kontraksi yang teratur
    Mulai usia kehamilan 38 minggu, umumnya timbul kontraksi tidak teratur yang disebut kontraksi Braxton hicks. Namun kontraksi tersebut bukan termasuk tanda persalinan. Kontraksi yang menandakan proses persalinan timbul secara teratur. Awalnya kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama, bertambah sering dan bertambah kuat. Kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan.

Bila Anda merasakan tanda- tanda tersebut, segeralah memeriksakan diri ke bidan atau dokter kandungna untuk memastikan datangnya persalinan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan terkait tanda persalinan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar