Sukses

Cara Menambah Tinggi dan Menurunkan Berat
17 Apr 2017, 09:08 WIB
Pria, 19 tahun.

Selamat pagi dok.... saya mau minta tips bagaimana cara yang paling efektif untuk meninggikan dan menurunkan berat badan baik dari asupan makanan maupun berolahraga

Terima kasih telah bertanya mengenai menambah tinggi dan menurunkan berat melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Kami mengerti kekhawatiran anda. Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm.

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan pada tulang panjang yang mempengaruhi tinggi badan baru akan menutup pada usia 18-21 tahun pada pria. Terkait asupan nutrisi, tinggi badan menunjukkan kualitas gizi orang tersebut saat masa kanak-kanak dulu. Jika kualitas gizi orang itu kurang pada masa kanak-kanak dulu, orang tersebut cenderung pendek pada masa dewasanya, dan sebaliknya. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang selama lempeng pertumbuhan tulang belum menutup. Jika lempeng pertumbuhan tulang sudah menutup maka asupan nutrisi berguna untuk menjaga kepadatan tulang namun tidak berpengaruh terhadap penambahan tinggi. Suplemen untuk meningkatkan tinggi badan belum dapat diketahui efeknya jika tidak diketahui isi atau bahan aktifnya.

Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, Anda harus memerhatikan beberapa faktor seperti menjaga asupan kalori dan olahraga teratur. Kedua hal ini adalah hal yang tak dapat dipisahkan.

Olahraga diharapkan dapat berjalan minimal 3x seminggu, dengan durasi minimal 30 menit dan intensitas sedang. Olahraga yang disarankan adalah yang bersifat aerobik, seperti renang, berlari, berjalan cepat, bersepeda, dan sebagainya, lalu diikuti juga oleh olahraga angkat beban. Kombinasi olahraga aerobik dan angkat beban dinilai efektif untuk membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Diet sehat yang disarankan adalah pola makan yang tetap 3x sehari, namun kalori yang dikonsumsi harus dibatasi sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, dan juga makanan yang mengandung minyak, minuman dan makanan yang terlalu manis, serta garam. Lalu, tingkatkan juga konsumsi air putih, serta perbanyak konsumsi sayur dan buah (bila lapar, Anda dapat memilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Pada malam hari, hindari makanan yang terlalu besar porsinya, dan pastikan Anda mengonsumsi makan malam setidaknya 3 jam sebelum tidur.

Selain itu, disiplin juga memegang peranan penting dalam proses menjalani diet sehat. Kami menyarankan untuk mengajak teman atau keluarga untuk selalu mengingatkan Anda agar pola diet Anda teratur dan berjalan dengan baik, sehingga hasil yang didapatkan akan maksimal. Kami juga menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik untuk dilakukan wawancara medis yang mendetil serta pemeriksaan fisis yang dibutuhkan, untuk menentukan pola makan dan olahraga yang paling sesuai untuk Anda. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai menambah tinggi dan menurunkan berat. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar