Sukses

Pemeriksaan Laboratorium Urin, Adakah Persiapannya?
18 Apr 2017, 10:38 WIB
Pria, 23 tahun.

Jika kita ingin periksa urin untuk mengetahui apakah ada infeksi krn keputihan yg tdk normal, di dokter spesialis apa ya dok? dan apa saja tahap pemeriksaannya? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya tentang pemeriksaan urin.

Keputihan yang tidak tertangani memang dapat menjadi faktor risiko infeksi saluran kemih. Pemeriksaan laboratorium untuk memastikan adalah dengan pemeriksaan urin. Pengobatan bergantung pada ada tidaknya gejala infeksi saluran kemih seperti anyang-anyangan, nyeri saat berkemih, demam, dan lainnya; serta pada hasil pemeriksaan laboratorium urin menunjukkan adanya kuman dan ada "bukti perlawanan" tubuh berupa sel darah putih dalam urin. 

Pemeriksaan urin tidak memerlukan persiapan khusus, tetapi tidak disarankan untuk dilakukan pada saat menstruasi. Sebaiknya pada setidaknya seminggu setelah mestruasi selesai.

Pengobatan infeksi saluran kamih harus dilakukan secara tuntas hingga pada keputihan sebagai penyebabnya. Konsultasikan pada dokter spesialis kandungan untuk penanganan lebih lanjut sekaligus penanganan pada keputihannya.

Demikian informasi mengenai pemeriksaan urin. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar