Sukses

Ruam Di Pipi, Gejala Alergi Susu Sapi?
13 Apr 2017, 09:31 WIB
Pria, 28 tahun.

Selamat pagi dokter.. Anak saya berumur 6 bln lebih beberapa bulan lalu di vonis dokter anak alergi susu sapi karena timbul merah2 di pipi kanan dan kiri maka disarankan dokter untuk minum susu pepti junior dari nutribaby royal..setelah anak saya minum susu yg di sarankan dokter.dan dokter memberi obat dan saleb..setelah obat dan saleb habis merah di pipi anak saya hilang kemudian beberapa hari kemudian merah di pipi anak saya timbul kembali dok.. kemudian saya datang ke dokter kulit..dan dokter kulit menvonis anak saya kena alergi..krn salah satu orang tua ada yg terkena asma..kemudian dokter kulit juga menyuruh untuk minum susu php dari morinaga...dan dokter memberi obat minum dan saleb wajahny..setelah obat dan memakai saleb yg di kasih dokter habis, merah di pipi anak saya tidak timbul lg..setelah beberapa hari timbul lagi dok.. mohon dok kira2 alergi seperti apa yg di alami anak saya..agar bisa sembuh dan merahny tidak timbul lagi.. Terimakasih dokter

Terima kasih telah bertanya tentang gejala alergi susu sapi melalui fitur Tanya Dokter.

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:
1. Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),
2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan
3. Saluran pernapasan (4-25%)

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu.

Anak yang mengalami alergi susu sapi yang melibatkan antibodi IgE memiliki risiko besar mengalami alergi terhadap lingkungan (polutan, debu, dan lainnya) dan juga asma.

untuk mengatasi gejalanya, anak harus menghindari susu sapi sekaligus bahan-bahan makanan yang mengandung susu sapi. Hidangan yang harus dihindari misalnya mentega, krim keju, es krim, yoghurt, roti yang menggunakan susu, sayuran yang dimasak dengan mentega atau krim, permen yang terbuat dari susu, mayones, sereal bersusu, sup krim, susu kocok, hingga puding.

Mungkin masih ada makanan yang dikonsumsi anak Anda yang mengandung susu sapi.

Demikian penjelasan mengenai gejala alergi susu sapi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar