Sukses

Haid Tidak Teratur
21 Mar 2017, 19:08 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya sudah 2 tahun menikah tapi blm di karuniai seorang baby. Udh pernah kuret jga . sekarang ne saya belum haid . gmn ya dok agar mestruasi saya bisa normal lagi. Terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Sayangnya Anda tidak menyebutkan kapan tepatnya Anda kuret. Tiga bulan pasca kuret umumnya kesuburan telah kembali normal. 

Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

Stress dan depresi: penyebab ini umumnya menyerang wanita muda

Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)

Sakit kronik

Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

Penurunan berat badan berlebihan

Olahraga berlebihan, misal atlit

Adanya tumor yang melepaskan hormon

Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi

Penggunaan obat-obatan tertentu, dsb

Pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk memastikan penyebabnya, maka pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan harus dilakukan.

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Selain itu, perlu juga diperhatikan:

hentikan segala bentuk kegiatan yang kurang baik seperti merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.

sebisa mungkin hindari konsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas

ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim terutama sekitar masa subur

menjaga gaya hidup sehat dan memakan makanan bergizi. Hindari diet berlebihan selama merencakan kehamilan.

menurut the Center for Disease Control (CDC), perempuan yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Hindari stres psikologis dan beban pikiran, terutama beban pikiran ingin memperoleh keturunan secepatnya. Jalani hidup dengan santai dan bahagia

Apabila setelah satu tahun melakukan hubungan intim secara teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi kehamilan belum juga terjadi, perlu dicari kembali penyebab yang mendasari baik dari pihak Anda maupun pihak suami.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar