Sukses

BAB Bayi Berlendir dan Berdarah, Cepat Periksa ke Dokter
21 Mar 2017, 19:04 WIB
Pria, 23 tahun.

hallo dokter.. saya punya baby perempuan yang baru berusia 8 hari.. sekarang baby minum susu formula BMT dari morinaga dikarenakan ASi saya sangat sedikit. Yang ingi saya tanyakan, kenapa setiap setelah minum susu, baby selalu BAB seperti air , kuning, sedikit berbau dan keluar lendir merah dari pinggiran kemaluannya.. apakah itu wajar dok?? Terimakasih sebelumnya dok..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih Anda sudah menggunakan layanan Tanya Dokter,

Karakteristik BAB bayi yang minum susu formula saja yaitu berwarna kuning kecoklatan, dengan tekstur yang lebih padat daripada BAB bayi ASI. BAB cenderung kental dan menempel di popok. Selain itu, BAB bayi yang minum susu formula juga cenderung lebih berbau asam dibandingkan bayi ASI. Frekuensinya juga lebih jarang. Namun mengingat telah ada lendir dan darah pada feses bayi ibu yang baru lahir, hal tersebut menandakan gangguan pencernaan. Salah satu kecurigaannya adalah kondisi alergi. Jangan tunda untuk membawa bayi Anda ke dokter anak.

BAB bayi yang normal:

- Warna dapat berubah-ubah, kuning, kehijauan, atau coklat.

- Kadang-kadang bayi tidak BAB sama sekali selama 1-2 hari, bahkan 1 minggu. Tidak perlu cemas selama bayi masih mau minum dan berat badan bertambah.

BAB bayi yang tidak normal (dan sebaiknya Anda konsultasi ke dokter anak Anda):

- BAB disertai lendir, air, atau darah, yang dapat merupakan tanda alergi atau infeksi.

- BAB yang terlalu keras, tanda konstipasi pada bayi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

0 Komentar

Belum ada komentar