Sukses

Penyebab Kaki Mengecil
21 Mar 2017, 17:03 WIB
Pria, 20 tahun.

Ayah saya punya penyakit yang agak aneh. Kaki ayah saya lama klmaan itu mengecil. Saya kira itu cuma sakit biasa Apa itu termasuk lupus??

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab kaki mengecil melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Akan tetapi, Kami tidak dapat memberikan informasi banyak tentang keluhan ayah Anda karena data yang sangat terbatas. Apakah keluhan ini pada kedua kaki atau hanya sebelah kaki saja? Apakah dibagian kaki yang mengecil ada gejala lain seperti lemah, kebas, pembengkakan sendinya, riwayat pernah trauma di panggul, tulang belakang dan sebagainya?

Secara umum penyebab kaki mengecil akibat otot yang mengeci (atrofi otot). Pada jaringan otot berlaku prinsip "Use it or You Lose it". Jadi kaki yang mengecil bisa disebabkan oleh otot-otot di kaki itu tidak digunakan. Kebiasaan berdiri dengan sering menumpu pada satu kaki bisa jadi penyebabnya. Kelainan pada otot itu sendiri atau gangguan syaraf tulang belakang atau penekanan syaraf di sendi lutut dapat juga menjadi penyebabnya.


Selain itu, Komplikasi penyakit rematik seperti rheumatoid arthritis (RA) dan osteoarthritis (OA) yang menyerang sendi lutut sering menyebabkan pengecilan otot, atau atrofi otot. Tapi melihat umur dan berat badan Anda kemungkinan akibat OA bisa disingkirkan, sedangkan kemungkinan karena RA masih bisa terjadi, tapi harus disertai gejala lain.

Apakah Anda pernah mengukur lingkaran di kaki ayah Anda, di mana saja yang Anda anggap kecil, lalu bandingkan dengan kaki yang sebelahnya? 

Untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter Ahli Penyakit Dalam setempat, atau Ahli Syaraf, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kemudian, jika memang penyebab kaki mengecil karena otot di kaki itu tidak digunakan dengan baik, lakukan olahraga dengan pembebanan ringan pada kaki yang Anda anggap mengecil disertai dengan asupan nutrisi yang baik pula.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar