Sukses

BAB Berdarah Setelah Melahirkan
21 Mar 2017, 16:32 WIB
Pria, 24 tahun.

Ass. Dok usia saya saat ini 22thn 6 bln. Saat usia 19thn saya melahirkan. Krna saat itu saya nikah muda di usia 18thn. Saat ini baby saya sdah 3thn 6 bln. Tpi setelah melahirkan itu saya mempunyai keluhan setiap akan BAB ( jongkok ) ngeden kecil aja kluar darah segar tapi tidak ada rasa sakit apapun, tidak ada benjolan juga yg seperti ciri2 wasir. Saya sangat khawatir karena ini sudah berlangsung cukup lama. Awalnya saya cuekin krn saya kira krn jarang konsumsi buah. Tapi sekarang saya rasa sudah mulai parah. Dan darah segar itu tidak tercampur dgn kot*r*an tpi kluar saat ngedam sblum BAB. Tks banyak dok. Mohon sarannya.

Terima kasih telah bertanya tentang BAB berdarah setelah melahirkan melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya ada beberapa hal yang perlu kami ketahui terkait keluhan Anda. Bagaimana cara persalinan Anda, apakah melalui operasi atau melahirkan secara spontan? Apakah darah yang keluar menetes? Apakah keluhan ini berlangsung sejak Anda melahirkan, artinya sejak 3 tahun yang lalu? Bagaimana dengan BAK Anda, apakah disertai darah juga? Adakah keluhan terkait pencernaan seperti sakit perut, konstipasi (sulit buang air besar), diare? Apakah terasa seperti ada benjolan keluar saat Anda BAB? Pada dasarnya perdarahan melalui anus berhubungan masalah pencernaan, dapat berupa masalah infeksi (disentri), hemoroid (ambeien), atau kanker kolon.

  • Perdarahan yang disebabkan oleh infeksi (disentri) biasanya disertai gejala nyeri perut, demam, dan BAB berlendir. 
  • Hemoroid (ambeien) biasanya disertai gejala lain seperti keluar benjolan saat BAB, disertai BAB berdarah, dan kadang terasa nyeri. Terdapat dua jenis hemoroid, interna (di dalam) dan eksterna (di luar). Pada hemoroid interna, BAB berdarah dapat terjadi tanpa disertai benjolan yang keluar. Sementara pada hemoroid eksterna, benjolan dapat langsung teraba dan terlihat dari luar. 
  • Perdarahan pencernaan karena kanker biasanya disertai dengan gejala lain seperti penurunan berat badan yang signifikan dalam waktu yang singkat, perubahan pola BAB (beberapa hari konstipasi diikuti dengan diare), BAB seperti kotoran kambing berbentuk kecil-kecil. 

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh mulai dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan sehingga dapat ditentukan penyebab BAB berdarah yang Anda alami serta penanganannya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar