Sukses

Dahak Menyangkut di Tenggorokan
21 Mar 2017, 16:32 WIB
Wanita, 23 tahun.

Halo dok saya mau tanya nih, saat ini saya sedang kena batuk dan batuk saya tipe batuk kerinh nah tapi akhir2 ini kok seperti ada yang mengganjal di tenggorokan sebelah kanan saya seperti dahak yang kental dan bulat tapi diusahakan untuk keluar susah sekali dan terkadang keluar lendir bening sih tapi hanyak sedikit. Saya jadi bingung apa memang ada lendir dahak yang menyangkut atau gimana? Karena mengganjal nya bukan seperti dahak melainkan seperti ada kelereng kecil. Kadang ilang kadang muncul kembali. Mohon bantu penjelasannya yah dok.

Terima kasih telah bertanya tentang dahak yang  menyangkut melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami rasa tak nyaman yang Anda rasakan. Sebelumnya kami perlu mengetahui beberapa informasi terkait keluhan Anda. Apakah lendir dahak yang Anda rasakan seperti mengalir di belakang tenggorokan, terasa berasal dari hidung? Kemungkinan Anda mengalami Post Nasal Drip (PND). 

PND biasanya terjadi pada penderita alergi. Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega. Makanan yang mengandung produk susu dapat mengentalkan lendir sehingga lebih terasa.

Apakah Anda penderita alergi? Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? Hidung mudah terasa gatal sekali bila terkena debu? Mata sering gatal? Apakah Anda penderita asma? Apakah ada alergi makanan? Semuanya di atas dapat menjadi tanda seseorang memiliki alergi. PND dapat juga disebabkan oleh asam lambung yang naik keatas (lebih sering dikenal dengan penyakit GERD) dan juga infeksi. Bila anda menderita GERD, sering timbul juga gejala panas pada perut, rasa terbakar pada leher dan perut, mual, muntah, kembung, dan nyeri perut.

Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam secara teratur, dll. Lalu coba konsumsi vitamin dan makanlah secara teratur.

Pemeriksaan THT yang biasa dilakukan ada mellihat kedalam hidung, rongga sinus serta ke dalam tenggorokan anda dengan sebuah alat. Pengobatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan penyabab dari penyakitnya. Bila disebabkan oleh alergi maka akan diberikan obat alergi, pengencer dahak, bila karena GERD akan diobati GERDnya, dan bila ada infeksi maka akan diberikan antibiotik. Karena itu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT untuk dilakukan evaluasi menyeluruh. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar