Sukses

Nyeri Testis
21 Mar 2017, 16:10 WIB
Pria, 30 tahun.

Selamat pagi dokter, kenapa ya akhir akhir ini saya selalu merasakan nyeri pada tesis saya. Cat. Saya masih bujang dok dan belum pernah berhubungan badan sama wanita. Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter. 

Sebelum mengetahui apa yang terjadi pada Anda, selain dari informasi mengenai keluhan yang dirasakan tentunya juga dibutuhkan pemeriksaan fisik ataupun penunjang langsung untuk menentukan kondisi kantung testis (buah zakar) Anda dan organ di sekitarnya. Sejak kapan nyeri terasa?

Selain gejala nyeri seperti yang Anda keluhkan, apakah terdapat:

Riwayat trauma atau cedera di daerah kemaluan?
Benjolan pada permukaan testis atau pembengkakan secara keseluruhan, baik pada satu ataupun keduanya?
Kemerahan atau rasa panas pada daerah kantung testis (buah zakar)?
Nyeri pada testis (Orchialgia) dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya riwayat trauma, infeksi, operasi, torsio testis (perputaran saluran sperma), hernia. Trauma/cedera pada testis biasanya menimbulkan nyeri sesaat, namun tergantung pada tipe dan beratnya trauma. Torsio testis biasanya menimbulkan nyeri hebat yang mendadak disertai kemerahan dan bengkak pada skrotum. Torsio testis merupakan kondisi emergensi dan biasanya membutuhkan intervensi bedah.

Infeksi yang umum terjadi pada adalah epididimitis, infeksi pada lapisan epididimis testis. Sebagian besar disebabkan oleh infeksi menular seksual, termasuk klamidia dan gonorea (GO). Gejala berupa nyeri yang bersifat gradual, dengan kemerahan dan pembengkakan di daerah skrotum. Gejala lain yang berhubungan dengan epididimitis termasuk mual, muntah, demam, nyeri buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan seksual. Terapi utamanya adalah pemberian antibiotik. Epididimitis dapat menyebabkan orchitis (peradangan pada testis) jika tidak diobati dan dapat menimbulkan nyeri hebat.

Selain itu perhatikan juga apakah terdapat benjolan pada testis Anda. Hernia inguinalis terjadi ketika usus masuk ke dalam skrotum melalu bagian otot perut yang lemah. Gejala berupa nyeri di selangkangan yang dapat menjalar sampai paha, benjolan di selangkangan dan skrotum yang memberat jika mengangkat beban berat.

Kami sarankan untuk memeriksakan masalah Anda ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin atau Urologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan palpasi (perabaan dengan jari-jari tangan). Pemeriksaan ini dikonfirmasikan dengan sisi yang tidak sakit. Kemudian pasien akan diperiksa dalam keadaan tidur terlentang, apakah elevasi (pengangkatan) testis akan meningkatkan rasa sakit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar