Sukses

Selaput Dara Robek
21 Mar 2017, 15:29 WIB
Wanita, 16 tahun.

Saya mau tanya dok waktu saya masih TK saya manjat dan lompat lompat di atas kursi ,kemudian saya terpeleset dan alat reproduksi saya terbentur dengan pegangan yang terdapat di kursi itu setelah itu saya merasakan sakit di alat reproduksi saya serta diiringi dengan rasa perih dan mengeluarkan darah sedikit . Apakah itu tandanya selaput darah saya robek? Kalau seandainya robek ,apakah bisa selaput darah saya kembali seperti semula? Dan apakah ada efek samping dari kejadian tersebut? Terimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter. 

Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam). Namun ada juga jenis selaput dara wanita yang lebih elastis sehingga tidak mudah robek.

Dalam kasus Anda, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah trauma yang Anda alami telah menyebabkan robekan pada selaput dara atau tidak. Sulit bagi kami untuk mengetahui nya tanpa dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. 

Secara fisik, untuk mengembalikan keutuhan selaput dara, terdapat sebuah prosedur dengan nama hymenoplasty. Saat ini memang ada operasi untuk mengembalikan himen ke bentuk semula atau membuat lapisan himen utuh seperti semula. Operasi ini disebut dengan himenoplasty yang terbagi atas 2:

Simple himenoplasty yaitu bila selaput dara masih ada yang tersisa, dilakukan penjahitan sehingga selaput dara kembali ke bentuk semula
Alloplant dimana tidak ada sisa selaput dara sama sekali dan dilakukan pemasangan selaput dara buatan
Namun memang perlu dipahami bahwa operasi ini hanya dapat mengembalikan bentuk fisik selaput dara saja, namun tidak dapat menghilangkan fakta telah terjadinya hubungan seksual dengan penetrasi. Sehingga prosedur ini tidak serta merta mengembalikan keperawanan seseorang. Operasi ini dapat dilakukan di rumah sakit besar atau pusat pendidikan. Efek samping sama seperti operasi lainnya berupa infeksi, perdarahan, dan alergi obat.

Namun, berdasarkan penelitian yang ada, selaput dara yang mengalami trauma (menjadi robek), baik karena penetrasi penis ataupun bukan, pada saat usia sebelum pubertas atau pada saat mendekati remaja memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri dan hampir tidak ada atau sedikit sekali bekas traumanya. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri langsung ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar