Sukses

Bersin - bersin setelah minum obat batuk
21 Mar 2017, 15:19 WIB
Pria, 26 tahun.

Halo Dokter. Saya ingin bertanya. Saya sering sekali bersin-bersin setelah minum obat batuk hitam (OBH). Saya berpikir jangan-jangan saya tidak cocok untuk minum obat jenis ini. Tetapi apakah saya bisa dibilang alergi terhadap jenis obat ini? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pertama - tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: apakah Anda hanya bersin - bersin setelah minum obat tersebut saja? Apakah setelah minum obat tersebut muncul kemerahan atau gatal di kulit? 

Gejala alergi obat bervariasi tergantung dari bentuk mekanisme imun tubuh yang terlibat. Reaksi yang paling sering terjadi adalah ruam kulit. Jika sebelumnya seseorang pernah terpapar obat yang menyebabkannya alergi, maka ruam mungkin akan timbul lebih cepat, bisa dalam satu atau dua hari sejak minum obat. Reaksi juga dapat 'tertunda' atau belum terjadi hingga 8 sampai 10 hari setelah meminum obat. Reaksi obat juga mungkin baru terjadi setelah satu minggu sejak seseorang berhenti dari meminum obat, biasanya ini terkait dengan penggunaan antibiotik.

Gejala alergi yang muncul hanya beberapa saat setelah mengonsumsi obat (gejala akut) biasanya memunculkan ruam kulit dan gatal-gatal (mirip kaligata). Namun pada kasus yang lebih berat, gejala lain yang mungkin timbul adalah hidung tersumbat, denyut nadi cepat, tekanan darah turun, sesak napas, wajah bengkak, dansakit kepala. Jenis reaksi alergi yang satu ini disebut dengan anafilaksis, yang merupakan jenis reaksi alergi yang paling serius. Jika tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kematian bahkan dalam hitungan menit.

Langkah terbaik untuk mencegah alergi obat adalah dengan menghindari obat-obatan yang menjadi pemicunya. Namun menentukan jenisnya merupakan hal yang sulit, karena pada kenyataannya pasien baru diketahui alergi obat setelah ia mengalaminya.

Setelah gejala-gejala alergi obat muncul, pengobatannya akan berdasarkan tingkat keparahannya. Jika hanya terjadi ruam kulit, dan selebihnya kondisi Anda sehat secara umum, mungkin hanya butuh menghentikan penggunaan obat tersebut. Namun jika tidak, pengobatan akan dilakukan untuk menghilangkan gejalanya.

Sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dari keluhan yang Anda alami. Untuk itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah benar anda mengalami rinitis alergi dan untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar