Sukses

Menangani Infeksi Cacing Kremi
21 Mar 2017, 14:58 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok,anak saya cowo umur 5 th.saya sering cek anus dia sewaktu tidur dan terdapat ada cacing yang orang jawa sebut cacing kremi.bentuknya putih seperti parutan kelapa.dan saya olesi dengan minyak goreng dan keluar lagi 1 kadang 2.memang anak saya belum saya kasih obat cacing.minta penjelasannya ya Dok.Terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter,

Cacing kremi atau Enterobius vermicularis merupakan penyebab infeksi cacing kremi yang disebut juga enterobiasis atau oksiuriasis. Telur cacing kremi dapat terhirup dari udara kemudian tertelan atau dari kontak dengan penderita dan barang-barangnya sehingga telur cacing tertelan. Setelah telur cacing tertelan, larva akan menetas di dalam usus kecil kemudian menjadi cacing dewasa di dalam usus besar. Cacing dewasa betina kemudian bergerak ke daerah di sekitar anus untuk menyimpan telurnya di dalam lipatan kulit anus penderita. Seringkali penderita merasa gatal di bagian anus karena gerakan cacing dan bahan yang terdapat pada cairan untuk menempelkan telur.

Infeksi cacing kremi memang dapat disembuhkan melalui pemberian dosis tunggal obat anti-parasit yaitu mebendazole, albendazole atau pirantel pamoat.

Namun, walaupun telah diobati, infeksi ulang sering terjadi karena telur masih berada di dalam tinja selama seminggu setelah pengobatan dan masih dapat menjadi sumber infeksi. Untuk itu, seluruh anggota keluarga dalam satu rumah harus meminum obat tersebut karena infeksi ulang bisa menyebar dari satu orang kepada yang lainnya. Pakaian, sprei dan barang-barang lainnya sebaiknya sering dicuci untuk memusnahkan telur cacing yang tersisa.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar