Sukses

Haid Tidak Kunjung Berhenti
21 Mar 2017, 14:54 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat siang dok,saya sudah haid kurang lebih hampir 3 bulan dok,saya haid berkepanjangan setelah saya lepas KB suntik yg sebulan dok.situasi seperti ini benar-benar mengganggu aktifitas saya dok.Terima kasih sebelumnya,mohon bantuan dan jawabannya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
stres psikologis
atlit
kekurangan vitamin K
penggunaan obat-obatan tertentu
kelainan pembekuan darah
gangguan hormon tiroid, dsb
Periode menstruasi memanjang dan berat dalam bahasa medis disebut menoragia, yaitu menstruasi berlangsung lebih panjang dari 7 hari. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu.

Keluhan Anda adalah menstruasi selama 3 bulan yang tidak berhenti dan tidak teratur. Hal ini harus segera dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG untuk mengetahui apakah terdapat massa dalam rongga rahim atau hanya merupakan kelainan hormonal. Maka, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG untuk mengetahui masalah yang Anda alami. Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya. Sebaiknya Anda tidak menunda kunjungan ke dokter karena Anda berisiko terkena anemia (kurang darah).

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar