Sukses

Kegemukan dan Sulit Hamil
21 Mar 2017, 14:46 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok,saya melanie Dok saya sudah 1 tahun saya menikah tapi sampai sekarang saya susah mendapatkan keturunan, atau mungkin karna berat badan saya yang cukup besar jadi susah mendapatkan keturunan. Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter,
Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda susah hamil karena kegemukan pasti sangat mengganggu Anda.

Keadaan susah hamil atau dalam istilah medisnya infertil merupakan pasangan yang tinggal pada tempat yang sama dan melakukan hubungan seksual secara teratur selama satu tahun tanpa menggunakan kontrasepsi, namun tidak terjadi kehamilan. Infertil ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya ialah kegemukan, baik kegemukan pada wanita maupun pria.

Beberapa akibat kegemukan terhadap kesuburan wanita diantaranya adalah:

1. Masalah ovulasi (pengeluaran sel telur), wanita obesitas terancam mengalami gangguan keseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan dalam menstruasi sehingga dapat menyebabkan siklus pengeluaran sel telur menjadi terganggu. Hal ini dapat menyebabkan susah hamil. Namun menstruasai tidak normal bukan hanya diderita oleh wanita gemuk, setiap wanita yang memiliki gangguan keseimbangan hormon biasanya akan mengalami hal tersebut.

2. Masalah pada proses pembuahan, hal ini diduga karena pengaruh hormon leptin yang berfungsi mengatur nafsu makan dan pengeluaran energi. Ternyata hormon ini memiliki andil dalam menghambat terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma.

3. Pembentukan sel telur yang tidak sempurna. Menurut hasil penelitian, sel telur wanita yangmengalami kegemukan dikatakan tidak normal akibat adanya kelainan kromosom pada sel telur tersebut. Ternyata faktor ini juga menyebabkan wanita gemuk susah hamil.

4. Meningkatkan risiko terjadinya keguguran
Pada penelitian lebih lanjut juga ditemukan bahwa wanita obesitas cenderung lebih berisiko untuk mengalami keguguran dalam kehamilan.

Kami sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter ahli untuk mendapatkan pemeriksaan mengenai kesuburan Anda dan pasangan Anda sehingga dapat diberi penanganan lebih lanjut.

Selain itu mulai saat ini rubah pola hidup menjadi pola hidup sehat untuk mempersiapkan kehamilan. Dalam persiapan kehamilan merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan ideal, asupan vitamin sesuai kebutuhan, dan istirahat teratur sangatlah penting. Untuk pola dan menu makan, pada intinya kurangi (jika bisa hindari) makanan siap saji dan berpengawet, dan penuhi asupan gizi harian.

Perlu juga diperhatikan:

1. Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
2. Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
3. Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Jangan diet ketat jika Anda ingin program hamil. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk program hamil.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar