Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Apakah Keperawanan Hilang?
21 Mar 2017, 14:40 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok, saya remaja perempuan berumur 16 tahun. Saya mau tanya, saya kemarin abis workout yg dilakukan dirumah, seperti sit up, lari ditempat, squat side kick. Nah pas saat saya melakukan squad kemarin, saya merasa vagina saya seperti panas gtu. Dan hari ini saya telah melakukan masturbasi (tapi tidak memasukkan benda apapun ke dalam selaput dara, hanya mengapit kedua paha saya saja) dan sampai saat ini dalam vagina saya masih terasa panas dan ada gelembung2 udara yg keluar. Saya takut apakah keperawanan saya hilang dok? Karna rencananya besok saya berniat periksa keperawanan ke dokter kandungan. Jawab ya dok, terimakasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan Tanya Dokter,

Pertama izinkan saya menjelaskan tentang selaput dara secara umum. Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam).

Hymen berdasarkan kultural setempat merupakan tanda keperawanan, padahal pengertian 'tidak perawan' adalah pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya sobek atau tidak. Selaput dara yang robek umumnya memberikan tanda keluarnya darah. Bila memang tidak ada gejala keluar darah, dan hymen masih utuh, maka dapat dikatakan 'masih perawan'.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar