Sukses

Mencegah Sakit Ginjal
21 Mar 2017, 14:20 WIB
Pria, 27 tahun.

Hallo dokter,. katanya sakit punggung, sesak nafas, dehidrasi, kulit gatal gatal, itu merupakan tanda kalau ginjal rusak ya ? bagaimana cara mengatasinya ?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Namun, keluhan yang Anda utarakan bukanlah gejala spesifik suatu penyakit. Sehingga untuk menentukan penyebabnya dibutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Nyeri punggung dapat disebakan gangguan otot, tulang, saraf, kulit maupun organ dalam seperti ginjal. Sedangkan sesak napas dapat disebabkan oleh penyakit jantung, paru, ginjal, GERD, psikologis, masalah otot. Dehidrasi merupakan salah satu penyebabgangguan ginjal. 

Mengenai gatal-gatal banyak sekali penyebabnya mulai dari alergi, infeksi hingga komplikasi penyakit seperti yang anda tanyakan yaitu gagal ginjal.

Gagal ginjal dapat disebabkan karena banyak hal, misalkan pada gagal ginjal akut dapat disebabkan karena perdarahan, batu ginjal, infeksi ginjal. Demikian juga dengan gagal ginjal kronik.

Tanda-tanda yang dapat dijumpai pada penderita gagal ginjal antara lain adalah:

  • Jumlah urin yang sedikit.
  • Warna urin yang semakin pekat
  • Bengkak pada wajah, kaki dan gatal-gatal pada kaki.
  • Rasa cepat lelah dan lemas.
  • Kehilangan nafsu makan, mual dan muntah.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, perlu memperhatikan konsumsi air yang dikonsumsi. Konsumsilah air minum minimal 2 Liter sehari. Kemudian Anda harus menghindari obat obatan yang dapat mengganggu kerja ginjal, mengurangi faktor resiko seperti diabetes, hipertensi dan penyakit batu. 


Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

salam

0 Komentar

Belum ada komentar