Sukses

Keluhan Penyakit Bervariasi, Curiga Psikosomatis?
21 Mar 2017, 14:14 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mw tanya ad tmn q Clau di panggil krang respon, gampang sakit dan kadang kuat berlebihan dan bikin alergi.. Tiap minum obat resep dr dokter dia merasa hormonnya terganggu, mual alergi, pusing, mood swing, juga bikin capek, sensitif, dan gk boleh stres nanti gangguan nya sakit, mirip dengan penyakit leukimia tp bukan.. Clau boleh tau itu penyakit ap ya dok, dan cara mengatasi nya bagaimana..??

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari banyaknya keluhan yang dirasakan, semuanya cenderung tidak mengarah pada satu penyakit. Adapun seseorang tidak mungkin merasakan/ mengetahui 'hormonnya terganggu', sehingga cukup sulit mengarahkan pada satu penyakit tunggal. Apakah teman Anda memiliki anemia, ditandai dengan hasil pemeriksaan hemoglobin rendah? Bagaimana dengan pola makan dan pola istirahat teman Anda, apakah baik? Apakah ada keluhan seperti muntah, nyeri ulu hati? Apakah teman Anda memiliki banyak tekanan psikologis? Sebaiknya untuk keluhan yang sangat beragam tersebut dilakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah terdapat kelainan organ atau tidak.

Jika hasil pemeriksaan fisik dan penunjang  tidak menunjukkan adanya kelainan maka perlu dicurigai adanya faktor psikologis dari keluhan teman Anda tersebut, yang disebut dengan gangguan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan akan mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang pada teman Anda. Selain itu keluhan tersebut tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar