Sukses

Badan Gatal Kemerahan, Mengapa?
21 Mar 2017, 14:18 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok, badan saya gatal-gatal dok dan bewarna merah kenapa ya. Makasih

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter
Halo,

Gatal-gatal pada kulit yang terjadi dapat disebabkan oleh berbagai sebab, dan paling baik dicari penyebabnya dengan pemeriksaan langsung. Jika terkait reaksi alergi, maka dapat disebabkan berbagai macam penyebab; semisalkan seperti makanan dan penyedap makanan, obat-obatan dan beberapa situasi seperti panas, dingin atau stress emosional.

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghindari penyebab yang diketahui. Jika memang Anda selalu mengalami gatal-gatal karena debu maka sebaiknya perlu memperhatikan apakah setelah renovasi, lingkungan di sekitar Anda masih terdapat banyak debu yang dapat memicu reaksi alergi pada diri Anda.

Mengatasi alergi dapat dengan mengonsumsi antihistamin untuk mencegah reaksi yang timbul berlebihan pada saat-saat pemicu alergi tidak dapat dihindari. Golongan antihistamin yang dapat menyebabkan rasa kantuk adalah CTM, difenhidramin, Sedangkan golongan antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk adalah Loratadine, Cetirizine. Dengan mengonsumsi antihistamin maka dapat mengurangi gegala alergi yang timbul. Namun, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa keluhan Anda memang adalah alergi dan bukan kelainan kulit lainnya. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung karena kelainan kulit paling baik didiagnosis dengan pemeriksaan langsung.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal bila keluhan Anda bertambah parah.


Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar