Sukses

Anggota Tubuh Bergetar
21 Mar 2017, 13:49 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau nanya. Beberapa hari ini pangkal paha, pantat hingga perut bagian bawah saya terasa bergetar. Sudah berobat ke dokter umum dan katanya kemungkinan karna kekurangan vit. B. Hanya saja dokter tersebut kurang meyakinkan karna menggunakan 'mungkin'. Itu gimana ya dok? Kenapa bergetar dan seharian ini tidak berhenti bergetar. Terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Untuk menjawab pertanyaan Anda ada beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti sudah sejak kapan keluhan tersebut muncul? Apakah disertai rasa lemas? Dimana saja? Apakah pandangan terasa berkunang-kunang? Apakah sebelum timbul keluhan Anda melakukan aktivitas berat yang melibatkan tangan Anda? Karena keterbatasan informasi yang Anda berikan, kami sulit untuk menyimpulkan kondisi Anda.

Namun kami akan mencoba menjelaskan masalah tubuh bergetar atau gemetar. Keluhan tangan dan kaki gemetar dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa. Bila keluhan yang timbul selain bergetar adalah rasa lemas, pusing, mata berkunang-kunang, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti dari faktor yang bukan penyakit: kurangnya tidur, terlalu banyak pekerjaan, stres serta kurangnya olahraga.

Ada juga beberapa penyakit yang dapat menyebabkan keluhan tersebut seperti anemia (kurangnya kadar Hemoglobin dalam tubuh anda), hipoglikemia (kurangnya gula dalam tubuh, dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan yang tidak sebanding dengan energi yang dikeluarkan), lalu penyakit tiroid seperti hipotirod atau hipertiroid, serta kurangnya nutrisi atau elektrolit dalam tubuh.

Tangan atau kaki yang bergetar sendiri dalam istilah medis disebut tremor. Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti :

Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sklerosis, parkinson, dan beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hipoglikemia, dan banyak lagi.
Kelainan psikis seperti gugup, stres.
Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda.
Setelah melakukan aktivitas fisik berat dalam waktu lama.
Untuk menyingkirkan diagnosa penyakit, dapat dilakukan pemeriksaan tubuh dan pemeriksaan darah, oleh karena itu kami sarankan agar anda konsultasi ke dokter spesalis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Kami sarankan juga agar anda perbanyak istirahat, konsumsi makanan yang bernutrisi seperti buah, sayur, karbohidrat, protein serta lemak setiap harinya, serta olahraga secara teratur setiap harinya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar