Sukses

Salpingitis: Radang Saluran Indung Telur
21 Mar 2017, 13:12 WIB
Pria, 27 tahun.

Salam kenal, saya sugi mulyani.. Saya sudah 1thn 4bln menikah namun belum dikaruniai momongan. Saya dan suami tidak terburu2 akan hal itu. Yang ingin saya tanyakan masalah siklus menstrusi. Memang dari semenjak SMA mes saya tidak teratur. Mungkin paling lama 3bln tdk mens namun setelah itu mens lancar kembali. Begitu seterusnya hingga saya operasi usus buntu. Dari operasi itu saya tdk mens selama 7bln lamanya. Saya baru sadar disaat jerawat saya mulai bermunculan dan meradang. Kmdn saya konsultasikan ke dokter kandungan diberikan obat cycloproginova yg diminum selama 1bln sehari 1x. Kmdn sayapun mens lancar kembali. Nmun tak 5bln kmdn saya mens tidak teratur kembali sampai saya menikah saat ini. Awal menikah setiap bulan saya konsultasikan ke dokter kandungan dan selalu diberikan obat yg sama berulang2. Sampai 6bln lamanya dokter baru memutuskan agar suami cek spema dan saya cek HSG. Kmdn kami berdua cek.. Hasil sudah ditangan. Krna saya penasaran saya buka hasil tsb.. Suami bagus normal. Saya ada catatan "kedua saluran tubafalopi terlihat paten, riwayat salphyngitis? " .. Kaget lah saya, setau saya penyakit yg belakangnya -itis itu merupakan peradangan. Tp suami berusaha meredam kegelisahan saya. Tibalah waktu pembacaan dokter. Dokter bilang suami baik bagus.. Sperma normal. Kmdn saya, ya bagus.. Gak ada kista dll.. Klo ini ndak papa, ndak masalah. Hanya itu jawaban dokter. Tidak ada yg lain. Apakah salphyngitis itu tidak berbahaya? Seperti yg dibicarakan dokter kandungan saya? Kmdn apakah terapi hormon itu akan dilakukan terus menerus? Dgn meminum obat agar mens? Dan apakah gangguan hormon itu juga dapat membuat eajah menjadi berjerawat parah ya dok? Mohon penjelasannya ... Terimakasih.

Terima kasih telah menggunaka fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda

Mengenai kondisi pasti Anda tentunya dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang memeriksa Anda yang lebih memahami. Namun, kami akan mencoba menjelaskan mengenai salpingitis.

Peradangan pada saluran indung telur dalam istilah medis dinamakan Salpingitis. Sementara sinistra berarti sebelah kiri. Salpingitis adalah salah satu penyebab paling umum infertilitas wanita. Jika salpingitis tidak segera diobati, infeksi yang terjadi dapat menyebabkan kerusakan permanen pada saluran telur atau buluh rahim (atau dalam medis dikenal dengan istilah tuba falopi). Gangguan pada tuba dapat menganggu proses pembuahan karena saat telur dilepaskan setiap siklus mestruasi, tidak dapat bertemu dengan sperma.

Penularan salpingitis yang utama terjadi melalui hubungan seksual, tetapi bakteri juga bisa masuk ke dalam tubuh setelah prosedur kebidanan/kandungan (misalnya pemasangan IUD, persalinan, keguguran, aborsi, dan biopsi endometrium). Salpingitis juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

Tujuan pengobatan salpingitis adalah untuk mengobati infeksi akut, sehingga menjaga kesuburan dan mencegah kehamilan di luar kandungan (atau dalam medis dikenal dengan istilah kehamilan ektopik), serta mengurangi risiko jangka panjang inflamasi (peradangan) berulang.

Sedangkan mengenai penggunaan obat hormonal untuk memperlancar haid digunakan hingga gangguan haid teratasi dan siklus haid stabil.

Jerawat memang dapat tumbuh akibat pengaruh ketidakseimbangan hormon.

kami sarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter yang menangani Anda. Selain itu, bila Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat mencoba mencari second opinion ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan lainnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar