Sukses

Bibir Tiba-Tiba Jontor
21 Mar 2017, 02:03 WIB
Pria, 28 tahun.

dok, anak saya kemarin sakit gigi trs kok tiba2 bibir atas jadi jontor ya?? tapi katanya nggak sakit gitu, tadi pagi udah saya kasih obat sakit gigi trs udah sembuh, tp kok bibirnya masih jontor ya? kenapa itu dok?

Terima kasih telah bertanya mengenai Bibir tiba-tiba jontor melalui fitur Tanya Dokter.

Pembengkakan pada bibir atau bibir jontor dapat terjadi akibat beberapa hal, antara lain :

  1. Trauma (luka) pada daerah bibir dan mulut
  2. Beberapa jenis infeksi, antara lain adalah infeksi virus herpes simpleks. Pembengkakan bibir akibat infeksi oleh virus ini biasanya disertai dengan munculnya gelembung-gelembung (vesikel) kecil yang berkelompok disekitar bibir
  3. Adanya infeksi dan peradangan pada kulit yang ditandai dengan adanya tanda-tanda peradangan seperti bengkak, merah, sakit dan terasa panas.
  4. Angioedema. Keadaan ini dapat terjadi akibat beberapa hal, antara lain reaksi alergi, penggunaan obat-obatan darah tinggi dari golongan ACE-Inhibitor (seperti captopril), dan lainnya
  5. Berhubungan dengan sakit giginya.

Pada kasus anak Anda, bibir bengkak tiba-tiba kemungkinan besar disebabkan oleh reaksi alergi. Alergi adalah suatu keadaan yang tidak dapat disembuhkan ataupun akibat perluasan infeksi dari gigi yang sakit.

Bila anda curiga ke arah reaksi alergi maka satu-satunya cara untuk menanganinya adalah dengan menghindari alergen (hal-hal yang mencetuskan reaksi alergi). Obat-obatan yang sudah anda minum hanya efektif untuk menekan reaksi alergi yang muncul.

JIka penggunaan obat-obatan tersebut dihentikan dan anda masih terpapar oleh alergen penyebabnya maka keluhan yang sama dapat anda rasakan kembali. Karena itu Anda sebaiknya mengidentifikasi apa saja yang menimbulkan reaksi alergi pada diri anak anda.

Bagaimana cara mengetahui pencetus alergi? Halaman berikut penjelasannya:

Bagaimana Cara Mengetahui Pencetus Alergi?
Terdapat berbagai macam alergen yang dapat mencetuskan terjadinya alergi seperti udara dingin, tungau debu, makanan, atau bahan-bahan tertentu. Untuk mengetahui alergen yang menjadi pencetus alergi pada diri anak Anda, anak anda dapat melakukan pemeriksaan Skin-Prick Test atau Patch Test.

Dasar dari pemeriksaan-pemeriksaan ini adalah provokasi munculnya respon alergi pada kulit yang kecil dan terkontrol. Pada skin-prick test digunakan jarum kecil dan alergen dalam jumlah yang kecil, sedangkan pada patch test digunakan tempelan yang mengandung alergen. Respon alergen yang muncul berupa kemerahan dengan/atau tanpa rasa gatal pada daerah kulit yang diperiksa.

Jika respon tersebut muncul, dapat dipastikan bahwa anak anda memiliki hipersensitivitas pada zat-zat tertentu yang diteskan, seperti tungau debu, makanan, atau bahan-bahan tertentu. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut anak Anda dapat menghindari apa-apa saja yang mencetuskan reaksi alergi pada diri anak Anda untuk mencegah kekambuhan keluhan.

Anda dapat meminta untuk dilakukan pemeriksaan Skin-Prick Test atau Patch Test pada anak anda oleh dokter Kulit atau dokter Penyakit Dalam subspesialis Alergi dan Imunologi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai Bibir Tiba-Tiba Jontor, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar