Sukses

Berdiet dengan Benar
18 Mar 2017, 09:38 WIB
Pria, 18 tahun.

akhir2 ini saya memulai diet saya, saya sehari hanya makan 2x dan menunya selalu oatmeal ditambah dengan dada ayam dan kadang divariasikan menjadi sajian asin maupun manis. sudah jalan 1 bulan. secara normal, diet dapat membuat psikis kita terganggu, terutama saya yang dulunya selalu makan 2 porsi indomi dengan telur dan nasi setiap sebelum tidur. dan saya selalu mengalamis stress ketika di waktu luang saya, saya tidak ngemil ataupun makan. lalu saya mulai merokok karena saya menganggap itu dapat menjadi pengganti disaat psikis saya terganggu karena saya tidak ngemil ataupun makan. dan ketika merokok saya mengalami mulut kering sehingga saya selalu minum air putih. saya bisa sampai meminum 5-7 liter dalam sehari. tetapi berat badan saya sudah turun 10kg sejak saya melakukan hal ini. dalam kasus saya. saya tidak mudah untuk berolahraga karena kondisi kaki saya. saat saya raba telapak kaki saya ada seperti gumpalan yang saya asumsikan bahwa itu adalah gumpalan lemak atau semacamnya yang kadang meresahkan saya karena rasa sakitnya, tetapi rasa sakit itu hanya timbul setelah berjalan sekitar 2-3 km. yang saya pertanyakan hal apa yang harus saya lakukan? saya ingin menurunkan berat badan dengan ngemil diganti dengan rokok, secara psikis respon saya positif, saya sangat tahu penyebab rokok. saya mengharapkan jawaban yang subjektif. karena segala masalah berhubungan dengan psikis saya sendiri. saya mohon maaf jika ada kata2 yang kurang berkesan. terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan olahraga. Kedua hal itu tersebut tidak dapat dipisahkan. Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan makanan. Jika hanya diet saja dan tidak diimbangi dengan olahraga Anda akan cenderung merasa lemas. Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.


Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki serta menggunakan Health Tools: Kalkulator Kalori untuk menghitung kebutuhan kalori Anda.

Semoga usaha menurunkan berat badan Anda berhasil.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar