Sukses

Mengetahui Sumber Alergi
15 Mar 2017, 12:48 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok saya mau tanya ni, saya alergi terhadap air, setiap selesei menyuci atau apapun kegiatan menggunakan air selalu mengalami alergi, apakah itu akibat dr detergen, sabun atau makanan ya dok alergi saya? Terima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Saudari yang terhormat,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Baik detergen, sabun, atau makanan berpotensi menjadi sumber alergi. Untuk mengetahui sumber alergi Anda, perlu dilakukan tes alergi.

Tes alergi dapat membantu Anda menentukan penyebab alergi. Tetapi tes ini baru dapat digunakan bila telah dilakukan wawancara yang teliti mengenai timbulnya alergi pada anak Anda. Berikut beberapa jenis tes untuk mengetahui alergi. Tes tusuk kulit (Skin Prick Test) Gunanya: memeriksa alergi terhadap alergen yang dihirup (debu, tungau, serbuk bunga) dan alergen makanan (susu, udang, kepiting), hingga 33 jenis alergen atau lebih. Prosedur:

  • Untuk menjalani tes ini, usia anak minimal 3 tahun dan orang dewasa.dan dalam keadaan sehat serta ia tidak baru meminum obat yang mengandung antihistamin (anti-alergi) dalam 3–7 hari (tergantung jenis obatnya).
  • Tes dilakukan di kulit lengan bawah sisi dalam. Kulit diberi alat khusus disebut ekstrak alergen yang diletakkan di atas kulit dengan cara diteteskan. Ekstrak alergen berupa bahan-bahan alami, misalnya berbagai jenis makanan, bahkan tepung sari.
  • Tidak menggunakan jarum suntik biasa tetapi menggunakan jarum khusus, sehingga tidak mengeluarkan darah atau luka, serta tidak menyakitkan.
  • Hasil tes diketahui dalam 15 menit. Bila positif alergi terhadap alergen tertentu, akan timbul bentol merah yang gatal di kulit.

Tes ini harus dilakukan oleh dokter yang betul-betul ahli di bidang alergi-imunologi karena tehnik dan interpretasi (membaca hasil tes) lebih sulit dibanding tes lain.

Tes tempel (Patch Test) Gunanya: mengetahui alergi yang disebabkan kontak terhadap bahan kimia, misalnya pada kasus penyakit dermatitis atau eksim. Prosedur:

  • Dilakukan pada anak usia minimal 3 tahun, dan orang dewasa.
  • Dua hari sebelum tes, anak tidak boleh melakukan aktivitas yang berkeringat atau mandi. Punggungnya pun tidak boleh terkena gesekan dan harus bebas dari obat oles, krim atau salep.
  • Tes akan dilakukan di kulit punggung. Caranya, dengan menempatkan bahan-bahan kimia dalam tempat khusus (finn chamber) lalu ditempelkan pada punggung anak. Selama dilakukan tes (48 jam), anak tidak boleh terlalu aktif bergerak.
  • Hasil tes didapat setelah 48 jam. Bila positif alergi terhadap bahan kimia tertentu, di kulit punggung akan timbul bercak kemerahan atau melenting.

Tes RAST (Radio Allergo Sorbent Test) Gunanya: mengetahui alergi terhadap alergen hirup dan alergen makanan. Prosedur:

  • Dapat dilakukan pada anak usia berapa pun dan tidak menggunakan obat-obatan, dan orang dewasa.
  • Dalam tes ini, sampel serum darah anak akan diambil sebanyak 2 cc, lalu diproses dengan mesin komputerisasi khusus. Hasilnya diketahui setelah 4 jam.

Tes kulit intrakutan Gunanya: untuk mengetahui alergi terhadap obat yang disuntikkan. Prosedur:

  • Dilakukan pada anak usia minimal 3 tahun dan orang dewasa.
  • Tes dilakukan di kulit lengan bawah dengan cara menyuntikkan obat yang akan di tes di lapisan bawah kulit.
  • Hasil tes dapat dibaca setelah 15 menit. Bila positif, akan timbul bentol, merah dan gatal.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar