Sukses

Makan di bawah kebutuhan kalori
19 Feb 2017, 15:07 WIB
Pria, 27 tahun.

Salam Dok, mau tanya saat ini saya sedang berusaha menurunkan berat badan, berdasarkan Berat badan dan tinggi badan serta aktifitas saya. BMR saya per hari adalah 2500Kkal. untuk olahraga saya masih belum bisa rutin karena kesibukan, jika saya makan dengan membatasi kalori contohnya hanya 1500 kkal/hari (tentunya tetap menjaga keseimbangan gizinya) apakah bisa berat badan saya turun walau tanpa disertai olahraga? terima kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pembatasan jumlah asupan makanan memang dapat menurunkan berat badan, namun demikian diet terlalu ketat juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Pada awal diet, mungkin akan terlihat berat badan turun dengan cepat. Namun dibalik itu sebenarnya metabolisme tubuh sudah mulai terganggu. Diet yang terbaik adalah mengurangi porsi makanan serta berolahraga sehingga berat badan akan turun alami dan tanpa efek samping. Jenis olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan adalah olahraga jenis aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban sangat berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF.

0 Komentar

Belum ada komentar