Sukses

Penyebab Nyeri Kepala?
29 Des 2016, 12:30 WIB
Pria, 18 tahun.

Sore Dok, selama satu bulan ini saya terkana penyakit kepala yang kadang parah kadang enggak. Rasanya kayak di tekan dan berpindah-pindah seperti di atas, belakang kepala. Saya sudah 2 kali periksa ke dokter syaraf tpi katanya cuma sakit kepala tegang. Akhirnya di kasih obat yg pertama dosis rendah tpi gk mempan. Akhirnya obat kedua pakai yg dosis tinggi. Tpi tetep aja dok sakit kepala saya belum juga hilang. Selama saya sakit kepala itu saya streess dok selalu kepikiran dan ketakutan kalau saya kena meningitis. Dan beberapa hari ini saya mengalami demam panas dingin dan leher kanan saya terasa kaku. Selain itu juga kadang kaki dan tangan saya nyeri tpi cuma sedetik. Apa ini gejala klo saya terkena meningitis dok ?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda, ada beberapa informasi tambahan yang kami butuhkan, di antaranya:

  • Sejak kapan anda mengalami hal ini?
  • Apakah sakit kepala tersebut terasa berdenyut / ditusuk-tusuk?
  • Apakah anda melihat kilatan cahaya atau kesemutan sebelum timbul sakit kepala?
  • Apakah saat sakit kepala muncul disertai keluhan mual dan muntah?
  • Pengobatan apa sajakah yang sudah anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala anda?
  • Saat mengalami benturan pada kepala ketika kecil, apakah sempat mengalami penurunan kesadaran (pingsan/koma)?
  • Apakah Anda sering terlambat makan?

Sakit kepala diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer terjadi tanpa adanya penyakit yang mendasari, sedangkan sakit kepala sekunder merupakan gejala dari kondisi medis yang lebih serius. Yang termasuk dalam sakit kepala primer adalah sakit kepala tipe tensi (tension-type headache), migrain, dan cluster.

Gambaran klinis sakit kepala tipe tensi seringkali menyerupai migrain, namun sakit kepala tipe tensi tidak disertai aura, keluhan mual hingga muntah. Sedangkan sakit kepala tipe cluster umumnya terbatas pada sekitar mata, derajat berat hingga mata merah dan hidung seperti flu.

Sakit kepala dapat diatasi dengan obat-obatan seperti ibuprofen atau asetaminofen, namun konsumsi obat penghilang rasa sakit terlalu sering justru dapat memicu timbulnya sakit kepala kronik.

Pada kasus Anda dimana sering merasa keringat dingin jika nyeri kepala timbul, apakah kondisi tersebut terjadi jika Anda terlambat makan? Karena ada banyak penyebab yang dapat mengakibatkan terjadinya nyeri kepala, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang sesuai.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Medis KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar