Sukses

Kaitan ejakulasi dini dan onani
26 Sep 2016, 07:05 WIB
Pria, 25 tahun.

tanya dok kenapa saya tidak bisa menahan ejakulasi dini. apa ada pengaruh dari onani

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif oleh karena itu kami tidak menganjurkan hal tersebut, terlebih jika dilakukan frekuensi yang sangat sering (hampir setiap hari).

Efek dari kebiasaan melakukan masturbasi lebih condong kepada masalah psikis dimana timbul pikiran terus-menerus untuk melakukan masturbasi atau perasaan bersalah. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan berolah raga, melakukan hobi-hobi anda, berpuasa, beribadah, dll. Hindarilah hal-hal yang memicu Anda untuk melakukan masturbasi.

Ejakulasi dini memiliki definisi ejakulasi yang berulang, sering, atau menetap dengan stimulasi yang minimal, sebelum, saat, atau sesaat setelah penetrasi, dan sebelum saat yang diinginkan, oleh karena tidak mampu mengendalikannya yang kemudian menyebabkan ketidakpuasan pada pasangan, rasa terganggu, dan rasa tertekan. Memang tidak ada batasan waktu dalam definisi ini, jadi selama Anda merasa ejakulasi Anda cukup memuaskan dan tidak terlampau cepat maka Anda tidak mengalami ejakulasi dini. Namun hal ini paling baik dapat diketahui setelah seseorang melakukan hubungan seksual.

Ejakulasi dini pada pria dapat disebabkan oleh psikologik (perasaan bersalah, stress, kecemasan, disfungsi ereksi), organik (gangguan organ), atau iatrogenik (karena tindakan medis). Penyebab ED sendiri paling banyak disebabkan oleh psikologis, termasuk dapat disebabkan karena perasaan bersalah ketika melakukan onani/masturbasi. Namun demikian, sebenarnya masih belum jelas hubungan antara onani dan ejakulasi dini. Bisa saja orang yang tahan lama saat onani mengalami ejakulasi dini saat berhubungan seksual. Sebaliknya, ada pria yang cepat mencapai orgasme saat onani namun justru lama mengalami orgasme saat melakukan hubungan seksual. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar