Sukses

Batuk dan Muntah Darah, Apakah penyebabnya?
26 Mar 2016, 20:43 WIB
Pria, 14 tahun.

dok. saya punya teman. dia mempunyai penyakit yang menurut saya kurang jelas. dia pernah bilang ketika sakit nya kambuh yang dia rasakan : 1. jantungnya terasa panas dan berasa seperti tertusuk tusuk nyelekit gitu 2. nafas nya berat sering sampai terdengar ngik 3. batuk 4. tenggorokan nya mulai kering 5. nyeri pada perut 6. ulu hari serasa suduk en. 7. vertigo yang berat 8. sampai keringat dingin dan parah nya di pernah pingsan saat KBM berlangsung. disana saya memeriksa denyut nadi dan detak jantung nya sangat cepat. dan paling parahnya pernah hingga muntah darah. katanya seperti ada yang bocor seperti itu. sewaktu pingsan teman saya langsung dirujuk ke rumah sakit. oleh dokter dikira terkena DBD. dia diperiksa normal tetapi oleh dokter belum diambil rongsen. dia mempunyai penyakit ini ketika dia mulai bertengkar dengan pacarnya. jadi ketika mereka bertengkar dia mengalami ini. kira kira sudah 3 bulan dia alami seperti ini. pertanyaannya. 1. apakah dia bosa sembuh? penanganan nya bagaimana yang terbaik? 2. apakah penyakit ini bisa menyebabkan meninggal? 3. bagaimana cara agar penyakit ini tidak terulang kembali? terima kasih dokter. maaf jika belum jelas. saya harap anda dapat membantu kawan saya. .

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Gejala yang dirasakan oleh rekan Anda, menandakan adanya kelainan pada salah satu organ didalam tubuh.

Kami mencoba untuk menyimpulkan kemungkinan penyakit yang diderita oleh rekan Anda, walaupun untuk menegakkan diagnosa diperlukan adanya pemeriksaan lebih lanjut oleh Dokter.

Gejala seperti nyeri pada dada, nafas yang berat sampai terdengar bunyi "ngik" dan BATUK, vertigo, keringat dingin parah dan berlangsung selama 3 bulan, kami menduga rekan Anda menderita penyakit TB Paru. Muntah darah yang rekan Anda keluhkan, seperti bocor dari dalam dada kemungkinan adalah batuk darah, karena sebelum terjadinya batuk darah banyak penderita TB merasa seperti ada cairan yang akan keluar dari dalam dadanya.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang harus Anda ketahui mengenai TB:

  • Batuk-batuk selama lebih dari tiga minggu. Gejala batuk yang dirasakan mulai dari ringan hingga berat. Pada beberapa keadaan pasien hanya mengeluh batuk ringan yang lama, tanpa ada riwayat alergi sebelumnya. Kadang pengidap juga mengeluhkan batuk yang berat seperti produksi dahak yang banyak, sesak napas, bahkan batuk mengeluarkan darah.
  • Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama. Pengidap mengaku sering merasa demam ringan pada waktu-waktu tertentu dan bersifat hilang timbul, demam biasanya dirasakan pada malam hari disertai dengan keluarnya keringat yang berlebihan.
  • Pengidap merasa kehilangan nafsu makan, sehingga berat badan menurun karena berkurangnya asupan nutrisi. Penurunan berat badan dapat pula diakibatkan oleh kuman TB yang menyerang tubuh.
  • Perasaan lemah (malaise).
  • Telah minum obat-obatan pereda batuk, namun gejala batuk tidak kunjung berkurang bahkan semakin bertambah

Sebaiknya, jika mengalami gejala-gejala di atas, hendaknya kita segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan anamnesa lebih mendalam untuk menegakkan diagnosis, kemudian pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan dahak, dan rontgen dada jika perlu.

Untuk pemeriksaan dahak, dapat dilakukan sebanyak tiga kali:

  1. Sewaktu     : pengambilan dahak dilakukan pada saat itu juga.
  2. Pagi           : pengambilan dahak dilakukan pada saat bangun tidur sebelum mengonsumsi makanan apa pun.
  3. Sewaktu     : dilakukan beberapa saat setelah sarapan pagi.

Jika Anda positif menderita TB, hasil pemeriksaan dahak akan menunjukkan hasil positif. Apabila hasil pemeriksaan dahak negatif namun dokter tetap menduga Anda menderita TB, maka dokter akan menyarankan pemeriksaan radiologi.

Penyebab muntah darah yang lain adalah penyakit sirosis hepatis atau pengerasan sel hati. Dalam keadaan ini terjadi varises pada pembuluh darah vena di esofagus. Pada suatu saat varises ini dapat pecah dan menyebabkan muntah darah.

Oleh sebab itu, sekali lagi kami sarankan agar rekan Anda memeriksakan kesehatannya secara serius kepada dokter.

Demikian saran yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar