Sukses

Menderita Chikungunya
19 Feb 2016, 16:46 WIB
Wanita, 19 tahun.

Slmt pagi dok, saya mau brtnya kmren saya divonis dokter mnderita cikungunyah. Tp td pagi saya gosok gigi dan gusi saya berdarah smua dok. Bysanya tidak brdarah sm skli. Apa ini wajar dok? Saya takut justru sakit dbd dok. Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk itu terlebih dahulu akan kami jelaskan mengenai penyakit Chikungunya.

Penyakit Chikungunya serupa dengan demam dengue (klasifikasi demam berdarah yang paling ringan, karena tidak disertai perdarahan) yaitu demam, sakit kepala, meriang, mual, lemah, muntah, nyeri sendi dan bercak kemerahan  pada kulit. Yang membedakan gejala penyakit ini dengan demam dengue adalah nyeri di persendian yang hebat dan kadang  terus menerus sehingga tangan dan kaki sulit digerakkan. Seringkali pada anak tidak timbul gejala apapun.

Jika terdapat perdarahan hebat pada gusi anda, sebaiknya anda kembali memeriksakan diri kepada dokter, karena memang, bisa jadi yang anda alami adalah DBD. Dokter akan mengevaluasi lebih lanjut kondisi penyakit anda, dan mungkin saja dibutuhkan pemeriksaan laboratorium darah untuk menunjangnya.

Untuk membaca lebih lengkap mengenai penyakit Chikungunya, Anda dapat mengakses artikel kami dengan meng klik link berikut: Demam Chikungunya.

Kami sertakan juga artikel terkait; Beda DBD dan Chikungunya

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar