Sukses

Chikungunya Bisa Sembuh?
15 Jun 2015, 18:35 WIB
Wanita, 51 tahun.

Dok, saya terkena Chikungunya setahun yang lalu (Oktober 2013), Sampai sekarang persendian masih kaku dan nyeri. Apakah nantinya rasa kaku dan nyeri sendi ini akan hilang ? Apakah memang sampai begitu lama ? Mengapa awal Des 2014 kemarin saya cek di lab untuk chikungunya hasilnya masih positif? Apakah ini artinya masih ada virusnya? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Penyakit Chikungunya serupa dengan demam dengue(klasifikasi demam berdarah yang paling ringan, karena tidak disertai perdarahan) yaitu demam, sakit kepala, meriang, mual, lemah, muntah, nyeri sendi dan bercak kemerahan  pada kulit. Yang membedakan gejala penyakit ini dengan demam dengue adalah nyeri di persendian yang hebat dan kadang  terus menerus sehingga tangan dan kaki sulit digerakkan. Seringkali pada anak tidak timbul gejala apapun.

Pengobatan yang diberikan pada penyakit Chikunya bersifat suportif; yaitu mengurangi gejala demam dengan antipiretik, non-steroid anti-inflamasi drugs (NSAID) untuk mengurangi nyeri pada sendi dan banyak istirahat dan meningkatkan asupan gizi dapat mempercepat kesembuhan.

Nyeri sendi pada penyakit Chikungunya bervariasi lama munculnya. Pada pasien yang lebih muda nyeri dapat hilang antara 5 -  15 hari, pada pasien usia pertengahan seperti Anda antara 1 - 2,5 bulan. Namun, pada beberapa pasien nyeri sendri dapat terus muncul hingga 2 tahun. Kami menyarankan Anda kembali ke dokter spesialis penyakit dalam yang menangani Anda untuk mendapatkan tatalaksana nyeri sendi yang Anda alami.

Untuk membaca lebih lengkap mengenai penyakit Chikungunya, Anda dapat mengakses artikel kami dengan meng klik link berikut: Demam Chikungunya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar