Sukses

Tertelan Benda Asing?
20 Okt 2014, 10:21 WIB
Wanita, 22 tahun.
dok selama 7th itu saya tidak mengalami keluhan apa-apa, tapi sekarang ini saya mengalami keluhan, sering batuk-batuk sampai ingin muntah di tambah lagi di tenggorokan rasanya ada yang mengganjal di takutkan masih tertancap di tenggorokan? saya pernah melakukan ronsen tidak terdapat benda asing yang masuk itu gmn dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sumbatan benda asing pada esofagus dapat menimbulkan berbagai macam gejala. Gejala sumbatan tergantung pada ukuran, bentuk dan jenis benda asing, lokasi tersangkutnya, komplikasi yang timbul dan lama tertelan. Mula-mula akan timbul rasa nyeri di daerah tenggorokan, kemudian timbul rasa tidak enak di bawah tulang dada atau nyeri punggung. Terdapat rasa tercekik, rasa tersumbat di tenggorok, batuk, muntah, sulit menelan, berat badan menurun, demam, sering muntah dan gangguan pernapasan. 

Pemeriksaan foto polos atau rontgen memang merupakan langkah awal pada setiap orang yang dicurigai tertelan benda asing. Namun, untuk benda-benda yang tidak dapat dilihat pada pada pemeriksaan foto polos, dapat dilakukan esofagogram atau esofagoskopi. Kami menyarankan Anda mengunjungi dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan untuk evaluasi lebih lanjut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar