Sukses

Flek dan IUD
19 Jun 2013, 16:09 WIB
Wanita, 36 tahun.
Dokter, mau tanya, haid hari pertama bulan mei kemarin saya sekitar tanggal 17 Mei, tapi tanggal 7 Juni kemarin saya kok keluar seperti flek,sampai hari ini tanggal 12 juni masih keluar flek.kenapa ya dok?apa itu termasuk haid atau apa ya? saya sudah 2 tahun menggunakan IUD, sebelum kejadian ini saya tidak pernah seperti ini.haid lancar seperti biasa.info dari teman yang menggunakan IUD juga, katanya biasanya kalo kondisi kecapean akan begitu, apa benar dok?biasanya berapa lama flek ini akan keluar? Terima kasih sebelumnya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Pemakaian Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) atau IUD memang memiliki beberapa efek samping, diantaranya adalah nyeri, perdarahan, peningkatan jumlah darah menstruasi, dan keputihan. Selain itu, beberapa hal yang dapat menjadi risiko pemakaian IUD diantaranya adalah risiko infeksi panggul, dismenorea (nyeri saat haid), menoragia pada bulan-bulan pertama, peningkatan risiko perforasi (robek)  rahim, risiko kehamilan ektopik, dan AKDR lepas dengan sendirinya.

Adanya flek dapat disebabkan karena efek samping dari IUD, gangguan hormonal, servisitis (peradangan mulut rahim), ataupun terdapatnya infeksi. Apakah terdapat keputihan juga? Untuk memastikan kondisi Anda, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan anamnesa lengkap dan pemeriksaan fisik untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar