Sukses

Berdebar Setelah Makan
18 Okt 2014, 11:57 WIB
Pria, 19 tahun.
Siang pak dokter, saya mau nanya nih Sekitar 2 minggu terakhir, saya kalau habis makan kok rasanya deg-degan yah dok? hal ini terjadi pada saat saya makan pagi, siang ataupun malam. Menu makanan saya pagi selalu makan bubur tanpa pedas, siang saya makan nasi dan ikan goreng(cue,bandeng), dan malam saya hanya makan nasi tahu dan tempe yg digoreng. Deg-degan hanya terjadi setelah saya makan dok, terkadang makan cemilan kecil(Biskuat cokelat) juga terasa deg-degan sekali Mohon petunjuknya dok, thx
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Jantung yang terasa berdebar-debar sehingga menimbulkan sensasi yang tidak menyenangkan dalam dunia kedokteran dikenal sebagai palpitasi. Seseorang dapat mengalami palpitasi meskipun tidak mengalami penyakit jantung ataupun irama jantung yang abnormal. 

Palpitasi yang dirasakan setelah makan dapat tetjadi ketika jantung memompa darah ke saluran pencernaan untuk membantu proses pencernaan. Penyebab lain adalah fluktuasi dari gula darah dan efeknya terhadap jantung, makan yang berlebihan, makan makanan pedas, makan makanan yang tinggi kadar lemak, gula, dan karbohidrat (terutama bila dikonsumsi setelah periode lapar yang lama), atau alergi makanan tertentu. Selain itu, minum minuman yang berkafein seperti kopi atau alkohol juga dapat menyebabkan palpitasi. Keadaan lain yang juga dapat menjadi penyebab adalah masuknya asam lambung ke saluran di atasnya yang disebut juga refluks gastroesofageal.

Apakah rasa berdebar-debar juga disertai oleh sesak napas, pusing? Hal ini perlu ditanyakan karena palpitasi juga dapat disebabkan oleh keadaan medis tertentu yang perlu ditangani. Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter untuk memastikan penyebab keluhan berdebar-debar Anda serta mendapatkan penanganan yang tepat bila memang diperlukan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar