Sukses

Berat Badan Susah Naik
16 Okt 2014, 13:24 WIB
Pria, 20 tahun.
Dear klik dokter... saya punya masalah dengan bobot berat badan saya, setelah saya mengalami radang usus buntu,tidak tahu penyebabnya tiba2 saya berat badan saya sulit sekali naik, pdhal pola makan saya telah ditingkatkan perharinya... badan saya sekarang terlihat kurus.. dan satu lagi semenjak itu pula rambut saya pun mudah rontok dan patah, apa lagi ketika saya bangun tidur..di bantal terlihat banyak sekali rambut yang gugur... nah apakah ada solusi terbaik buat saya... mohon di jawab ..thanks..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).  Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis. 

Jika pola makan Anda sudah baik, bagaimana dengan pola aktivitas Anda? Adakah keluhan lain yang Anda rasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu atau tangan gemetar, sering buang air besar?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
  • Memperbanyak minum air putih.

Untuk mengatur menu dan menjaga stabilitas peningkatan berat badan, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter ahli gizi secara langsung. Hal ini disebabkan karena mengatur menu untuk peningkatan berat badan membutuhkan perhitungan dan banyak pertimbangan sesuai dengan kondisi masing-masing individual.



Rambut Rontok

 

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

 

Jika rambut Anda sudah rontoh sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti :

-          banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi

-          hindari stres

-          hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut

-          rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah

-          cukup istirahat

-          stop merokok (pada yang merokok)

-          hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas

-          hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah rambut rontok, Anda dapat membaca artikel yang berjudul Makanan Cegah Rambut Rontok.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar