Sukses

Batuk berulang
23 Mei 2010, 21:26 WIB
Wanita, 25 tahun.
dok, anak saya perempuan umur 5 tahun. Yang mau saya tanyakan kenapa akhir-akhir ini anak saya sering panas dan batuk gak kunjung sembuh-sembuh?padahal sudah saya bawa ke dokter, sama dokternya hanya dikasih antibotik saja.klo obat dari dokter habis, gak lama kemudian kambuh lagi batuknya, apa solusinya???...terima kasih sebelumnya...( perempuan, 25 thn,150 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Batuk yang berulang dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah infeksi virus (bronkiolitis), TBC, asma, dan alergi. Masing masing penyebab memiliki karakteristik masing-masing. 

Mengingat batuk ini terus menerus berulang, ada baiknya dilakukan pemeriksaan penunjang sebagai alat pembantu diagnosis, seperti foto rontgen thorax ataupun tes alergi guna mencari pencetus yang jelas dari penyebab batuk pada anak Anda.

Pencetus yang paling sering menyebabkan batuk diantaranya adalah udara dingin, debu, kacang-kacangan,coklat,seafood, telur, ayam,timun,salak, susu biasa serta tidak menggunakan kasur kapuk karena semua hal tersebut dapat mencetuskan alergi. 

Alergi adalah gangguan dari sistim kekebalan tubuh yang dicetuskan oleh alergen atau zat pencetus alergi. Alergi dalam hal ini adalah hipersensitivitas terhadap alergen. Faktor risiko dari alergi diantaranya adalah ras, genetik (keturunan), jenis kelamin, usia, dan lingkungan (infeksi, polusi, makanan, kadar alergen). Jadi psikis atau stres bukanlah salah satu pencetus alergi atau dalam kata lain adalah tidak berhubungan.

Kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis anak untuk evaluasi lebih lanjut dan mengetahui penyebab dari batuk anak Anda. Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar