Sukses

Operasi Mengembalikan Keperawanan
20 Okt 2014, 10:54 WIB
Wanita, 27 tahun.
Sy ingin bertanya 1. Bagaimana caranya untuk membuat selaput dara sempit dan bisa mengeluarkan darah kembali? 2. Sy dengar-dengar ada operasi untuk menyempitan selaput dara, apakah ada efek sampingnya? Sebelumnya sy ucapkan terima kasih. ( perempuan, 27 thn,150 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi KlikDokter. Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam).

Hymen berdasarkan kultural setempat merupakan tanda keperawanan, padahal pengertian 'tidak perawan' adalah pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya sobek atau tidak.

Saat ini memang ada operasi untuk mengembalikan hymen ke bentuk semula. Bukan menyempitkan hymen namun membuat lapisan hymen utuh seperti semula. Operasi ini disebut dengan hymenoplasty yang terbagi atas 2 :

  1. Simple hymenoplasty yaitu bila selaput dara masih ada yang tersisa, dilakukan penjahitan sehingga selaput dara kembali ke bentuk semula

  2. Alloplant dimana tidak ada sisa selaput dara sama sekali dan dilakukan pemasangan selaput dara buatan

Namun memang perlu dipahami bahwa operasi ini tidak mengembalikan keperawanan karena pengertian dari keperawanan seperti yang sudah disebutkan diatas. Operasi ini dapat dilakukan di rumah sakit besar atau pusat pendidikan. Efek samping sama seperti operasi lainnya berupa infeksi, perdarahan, dan alergi obat.

Berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam soal operasi hymenoplasty:

Apa itu Hymenoplasty?

hymenoplastyHymenoplasty adalah sebuah prosedur untuk memperbaiki hymen atau selaput dara wanita.

Hymen yang mengalami robekan akan dilakukan jahitan halus untuk memperbaiki bentuk dari hymen.

 

Berbeda dengan labioplasty dan vaginoplasty, dimana operasi hymenoplasty hanya fokus untuk merestorasi kondisi selaput dara.

Sementara labioplasty dan vaginoplasty bertujuan untuk mempercantik penampilan vagina. (Baca: Merapihkan Kembali Penampilan Vagina dengan Operasi Labioplasty dan Vaginoplasty)

Mengapa prosedur ini dilakukan?

Mengapa Prosedur Ini Dilakukan?

operasi vagina Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki hymen yang telah robek oleh berbagai penyebab. Hymenoplasty pada umumnya dilakukan karena alasan moral, budaya atau sosial. 

 

Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam).

Bagaimana prosedur ini dilakukan? Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

Bagaimana Prosedur ini Dikerjakan?

Secara umum, hymenoplasty terbagi atas 2 jenis prosedur :

  1. Simple hymenoplasty;

Yaitu bila selaput dara masih ada yang tersisa, dilakukan penjahitan sehingga selaput dara kembali ke bentuk semula

  1. Alloplant;

 Dimana tidak ada sisa selaput dara sama sekali dan dilakukan pemasangan selaput dara buatan

Labiaplasty vaginoplasty

Apa  saja keluhan yang mungkin dirasakan setelah prosedur ini? 

Apa Saja Keluhan yang Mungkin Dirasakan Setelah Prosedur Ini?

Hymenoplasty merupakan prosedur yang aman, namun tidak lepas dari efek samping operasi. Berbagai hal yang dapat dialami oleh pasien yang menjalani operasi ini meliputi perdarahan, penbengkakan, dan rasa nyeri. Namun seharurnya berbagai keluhan ini menghilang setelah beberapa minggu pasca hymenoplasty.

Berikut ini terdapat beberapa artikel yang dapat menambah wawasan bersama:

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar