Sukses

Keluar angin dari vagina
20 Okt 2014, 10:00 WIB
Wanita, 25 tahun.
siang dok, saya dan suami berhubungan intim tetapi setelah selesai dari vagina saya keluar angin (seperti orang yg kentut) maaf!! itu kenapa ya dok,apakah ada kelainan pada organ reproduksi saya. kejadian itu sering terjadi tapi tidak setiap kali saya berhubungan intim. sebagai tambahan saya sudah menikah 6 bulan dan belum dikaruniai keturunan. terima kasih untuk jawabannya.( perempuan, 25 thn,168 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluarnya angin atau udara dari vagina merupakan hal yang biasa ditemukan saat perempuan melakukan hubungan intim. Biasanya hal ini terjadi setelah terjadi orgasme. Sesaat sebelum orgasme, dinding vagina sedikit menebal, sehingga menyedot udara. Ketika vagina kembali ke keadaan normal, udara tersebut akan keluar. Udara juga dapat terperangkap dalam vagina saat melakukan beberapa jenis olahraga, yang membutuhkan posisi-posisi tertentu.

Namun, keluarnya udara dari vagina juga dapat berupa keadaan yang tidak normal, seperti karena adanya fistula colovaginal (robekan antara vagina dan usus besar) setelah operasi, melahirkan, penyakit tertentu (Chron's Disease), dan penyebab lain. Kondisi ini bisa berujung pada infeksi saluran kemih dan komplikasi-komplikasi lain. Hal ini juga bisa menjadi tanda adanya prolaps alat reproduksi wanita. Namun, biasanya keadaan ini disertai gejala-gejala lain, seperti bau udara yang busuk (seperti kentut), nyeri, atau rasa tidak nyaman pada daerah panggul, dsb.

Sedangkan pada kasus Ibu, hal ini merupakan hal yang normal. Untuk mencegah atau mengurangi kejadian keluarnya udara dari vagina, dapat digunakan lubrikasi atau dengan melakukan latihan kegel rutin. Untuk membaca lebih jauh mengenai latihan kegel serta cara-caranya, Ibu dapat mengunjungi halaman website kami berikut: 'Berbagai Kegunaan Senam Kegel'.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar