klikdokter.com
Jumat, 19 September 2014

Sering Sendawa, Asam Urat Naik

Oleh: dr. Jessica Florencia

Tanya:

Dok mau tanya kenapa yah perutku kadang terasa tidak nyaman pinggang terasa nyeri dan sering sendawa. kemarin habis cek kolestrol normal,gula darah normal,namun kadar asam urat tinggi. tolong dok kasih tau solusi dan penyakit pa yg sedang saya alami.....

Jawab:

Bapak yang Terhormat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah perut terasa tidak nyaman, pinggang terasa nyeri dan sering sendawa. Hasil pemeriksaan darah Anda adalah kadar kolesterol dan gula darah yang normal serta kadar asam urat yang tinggi.

Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan-keluhan ini? Keluhan perut tidak nyaman dan sering sendawa dapat disebabkan karena kembung. Perut kembung dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Untuk informasi lengkap Anda mengenai penyebab kembung dan cara mengatasinya, saya sertakan artikel 4 Makanan Penyebab Perut Kembung.

Keluhan pinggang yang terasa nyeri perlu dikonfirmasi lebih lanjut, seperti:

  • Di mana posisi nyeri dirasakan (tengah, kanan, kiri??
  • Bagaimana sifat nyeri (berndenyut, seperti diremas, nyeri tajam atau seperti rasa pegal)?
  • Apakah nyeri menjalar ke tempat lain?
  • Kapan saja keluhan nyeri pinggang dirasakan? 
  • Berapa lama nyeri muncul?
  • Kapan nyeri menghilang?
  • Apakah nyeri menetap atau hilang-timbul?
  • Adakah obat-obatan yang sudah dikonsumsi untuk menghilangkan rasa nyeri? Bagaimana hasilnya?

Keluhan nyeri pinggang dapat disebabkan karena masalah pada otot, tulang dan persendian, saraf juga ginjal. Untuk memastikan penyebabnya diperlukan pemeriksaan fisik yang lebih lanjut dan mendetil.

Sayang sekali, Anda tidak menyebutkan berapa nilai asam urat dalam darah Anda. Apakah Anda pernah mengalami keluhan nyeri atau bengkak pada jari jempol kaki atau daerah mata kaki? Asam urat yang tinggi dalam darah dan tidak memberikan gejala memerlukan pemantauan dalam 3 bulan. Selama 3 bulan, Anda perlu mengontrol diet dengan menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan peningkatan asam urat. Setelah 3 bulan, Anda perlu memeriksakan kembali kadar asam urat Anda. Jika tidak terjadi penurunan bermakna maka dokter akan memberikan obat untuk membantu mengendalikan kadar asam urat Anda.

Saya sertakan juga artikel:

Berdamai dengan Asam Urat

Diet Hipertensi, Kolesterol dan Asam Urat

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Selamat berolahraga![](JF)

ARTIKEL TERKAIT

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]


 
Artikel Terkait

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Kolesterol LDL vs. Kolesterol HDL
Kolesterol: Tidak Berbahaya?
Ingin Memiliki Keturunan vs. Haid Tak Lancar