klikdokter.com
Rabu, 23 Juli 2014

Tumbuh Kembang Anak.

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Tanya:

Dok, anak saya lahir tanggal 10 juli 2009 tetapi pertumbuhan badan dan tinggi sangat jauh berbeda di banding teman- temannya berat badannya 9.5 kg dan tingginya 82 cm.Untuk makanan saya sudah memberi sayur, buah, ikan,susu, dan vitamin. Kira2 makanan apa ya dok yang bagus untuk pertumbuhan anak saya?anak saya sangat aktif sekali tetapi hanya perkembangan berat badan dan tingginya yang jadi pikiran buat saya. kira2 apa yang harus saya lakukan ya dok? terima kasih

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang anda ajukan:

1. Apa yang mempengaruhi tumbuh kembang pada anak?

Sebelum membicarakan mengenai faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, sebaiknya kita tengok terlebih dahulu definisi dari tumbuh kembang anak. Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan dengan masalah perubahan dalam ukuran fisik seseorang. Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan pematangan dan penambahan kemampuan (skill) fungsi organ  atau individu. Kedua proses ini terjadi secara sinkron pada setiap individu.

Proses  tumbuh kembang seseorang merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling terkait, yaitu  faktor genetik / keturunan, lingkungan bio-fisiko-psiko-sosial dan perilaku. Pertumbuhan dan perkembangan terutama berkaitan dengan status gizi, keseimbangan cairan serta dipengaruhi oleh pola hidup dan pola lingkungan. Proses ini bersifat individual dan unik sehingga memberikan hasil akhir yang berbeda dan ciri tersendiri pada setiap anak.

2. bagaimana proses tumbuh kembang anak?

Tahapan pertumbuhan anak akan berlangsung sangat cepat dalam tahun pertama dan berangsur-angsur berkurang secara bertahap sampai usia 3-4 tahun. Pertumbuhan cepat akan terjadi lagi pada usia 12 tahun hingga 16 tahun yang merupakan masa pubertas. Proses perkembangan anak ada tahapan-tahapannya dan umumnya memiliki target di dalam setiap tahapan usia. Contoh anak usia 9-10 bulan seharusnya sudah bisa merangkak, memengang benda dengan ibu jari dan jari telunjuk, menunjuk dengan jari, dsbnya.

Kami juga sertakan artikel:

Anak Sulit Makan

Mengatasi Anak Sulit Makan

Untuk informasi lebih jelasnya anda dapat membuka kalender tumbuh kembang anak berikut ini Tumbuh Kembang Anak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)


 
Artikel Terkait

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Haid 3 Bulan Sekali vs. Vitamin E
Keputihan dan Proteinuria
Mengatasi Jerawat dengan Tepat