HomeIbu Dan anakKehamilanAsupan yang Baik untuk Kehamilan Trimester Pertama
Kehamilan

Asupan yang Baik untuk Kehamilan Trimester Pertama

Tim Redaksi KlikDokter, 14 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Karena trimester pertama kehamilan sangat penting, ibu hamil perlu mengonsumsi asupan sehat dan seimbang.

Asupan yang Baik untuk Kehamilan Trimester Pertama

Trimester pertama kehamilan yang berlangsung hingga usia kehamilan 12 minggu merupakan masa pertumbuhan embrio. Pada fase ini terjadi pembentukan semua organ janin.

Karena periode ini sangat penting, ibu hamil perlu mengonsumsi asupan sehat dan seimbang. Berikut ini kiat diet sehat dan seimbang sejak trimester awal kehamilan:

• Makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi (asam folat, vitamin A, vitamin C, serat, dan mineral).

• Konsumsi karbohidrat pada tiap makan besar seperti serealia, roti, pasta, nasi (gandum dan nasi merah merupakan pilihan yang lebih sehat).

• Konsumsi produk susu. PRENAGEN mommy dan PRENAGEN emesis dapat menjadi pilihan untuk menemani masa kehamilan Anda. PRENAGEN mommy mengandung asam folat, mikroenkapsulasi zat besi, protein, kalsium, vitamin D, magnesium, fosfor, omega 3 dan 6, dan inulin. Semua kandungan ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin.

Sementara itu, 9 dari 10 ibu hamil mengalami mual muntah dan PRENAGEN emesis telah teruji klinis dapat membantu mengurangi frekuensi mual muntah, karena mengandung vitamin B6 dan protein. Selain itu, PRENAGEN emesis mengandung asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk kehamilan Anda.

Untuk kehamilan normal, Anda bisa langsung mengonsumsi PRENAGEN mommy yang merupakan nutrisi lengkap untuk ibu hamil dan buah hati, karena mengandung nutrisi makro seperti protein, dan nutrisi mikro seperti asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin D, inulin, dan DHA.

PRENAGEN mommy juga rendah natrium, terutama untuk membantu mengatasi kaki bengkak yang biasa terjadi pada akhir kehamilan. Agar tidak bosan, Anda dapat memilih lima varian rasa, yaitu vanila, cokelat, stroberi, moka, dan kacang hijau. PRENAGEN mommy tersedia dalam kemasan praktis yang siap diminum di mana saja dan kapan saja. Anda bisa menikmati rasa cokelat dan Berry Love yang menyegarkan.

• Konsumsi daging yang tidak terlalu banyak lemak, ikan, dan makanan kaya protein lain seperti telur dan kacang-kacangan. Makanan tersebut menyediakan protein, zat besi, dan asam folat. Konsumsi pula minyak ikan untuk mencukupi asupan asam lemak omega-3.

• Hindari makanan dan minuman tinggi gula, tinggi lemak, dan tinggi garam, seperti makanan cepat saji, makanan kalengan, soda, dan sirup.

Pada trimester pertama, kebutuhan kalori ibu hamil masih sama seperti sebelum hamil. Umumnya tidak ada atau hanya sedikit kenaikan berat badan pada trimester ini.

Kenaikan berat badan akan terlihat lebih bermakna pada trimester dua kehamilan. Asupan nutrisi yang perlu ditingkatkan adalah asam folat, vitamin D, Kalsium, dan asam lemak omega-3.

Lalu makanan apa yang sebaiknya dihindari? Makanan mentah atau setengah matang (daging, telur, atau ikan) dan ikan laut yang kemungkinan mengandung merkuri tinggi (seperti ikan hiu, marlin, dan swordfish).

Anda juga perlu membatasi asupan ikan berlemak (seperti ikan salmon, makerel, dan tuna) maksimal dua kali seminggu. Produk susu mentah atau segar (tidak terpasteurisasi), kafein pada batas tertentu, dan alkohol, sebaiknya juga dihindari.

Jadi itulah asupan terbaik untuk kehamilan trimester pertama. Dengan mengonsumsi makanan sehat selama masa kehamilan, Anda dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

Supaya Anda tetap sehat selama masa kehamilan trisemester pertama, ada baiknya lengkapi dengan susu kehamilan.

Bila punya pertanyaan lain seputar topik ini, gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter.

[BA/ RH]

AdvertorialKehamilangiziTrimester Pertama

Konsultasi Dokter Terkait