Kehamilan

Benarkah Susu Ibu Hamil Lebih Baik dari Susu Biasa?

dr. Grace Valentine, 25 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dengan meminum susu ibu hamil secara rutin, nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan janin dapat terpenuhi dengan mudah.

Benarkah Susu Ibu Hamil Lebih Baik dari Susu Biasa?

Selama kehamilan, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi. Agar janin dapat tumbuh sehat, Anda tak jarang mengonsumsi susu ibu hamil sebagai gizi tambahan.

Dengan meminum susu ibu hamil secara rutin, nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan janin dapat terpenuhi dengan mudah. Untuk itu, sebagian besar dokter menyarankan ibu hamil mengonsumsi susu ibu hamil, agar janin dalam kandungan mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Namun terkadang rasa yang kurang enak membuat wanita hamil enggan mengonsumsi susu kehamilan. Akibatnya, tak sedikit wanita hamil yang memilih mengonsumsi susu biasa, seperti susu kedelai. Lantas, adakah perbedaan bila wanita lebih memilih mengonsumsi susu biasa ketimbang susu kehamilan?

Berikut ini adalah tiga kelebihan susu hamil dibandingkan susu biasa:

1. Kandungan lemak dan kolesterol lebih sedikit

Susu biasa memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak sehat, kalsium, kolesterol, vitamin, dan mineral. Sayangnya, kandungan gizi susu biasa ternyata dianggap belum cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil yang lebih tinggi.

Di dalam susu ibu hamil, Anda bisanya akan menemukan kadar kandungan lemak dan kolesterol yang lebih sedikit dibandingkan susu biasa. Kadar lemak jenuh yang tinggi pada susu biasa harus diwaspadai, karena konsumsi berlebihan tidak baik untuk kehamilan.

2. Kandungan gizi untuk janin lebih unggul

Susu hamil lebih unggul dari segi kandungan gizi untuk perkembangan saraf janin. Hal ini karena susu hamil dilengkapi dengan kandungan asam folat, AA, dan DHA. Kandungan asam folat juga diyakini mampu mencegah bayi terlahir dengan kecacatan yang disebabkan oleh masalah neural tube defect.

3. Mengandung nutrisi tambahan

Susu hamil mengandung tambahan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin. Tambahan nutrisi tersebut seperti zat besi, serta kandungan vitamin dan mineral lain seperti seng, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, dan E dalam jumlah yang disesuaikan khusus untuk wanita hamil.

Dengan nutrisi tambahan ini, volume darah pada ibu hamil pun bisa meningkat. Alhasil, ibu hamil tidak mudah terkena anemia.

Jadi, itulah beberapa keunggulan susu hamil dibandingkan susu biasa. Ingat, dengan meminum susu ibu hamil secara rutin, nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan janin dapat terpenuhi dengan mudah.

Bila punya pertanyaan lain seputar topik ini, gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter.

[BA/ RH]

 

susuSusu Ibu Hamil

Konsultasi Dokter Terkait