Kehamilan

Hindari Pisang Jika Ingin Hamil Anak Perempuan, Benarkah?

Aprinda, 15 Feb 2023

Ditinjau Oleh dr. Theresia Yunita

Ada banyak cara yang dianggap dapat menentukan jenis kelamin bayi saat hamil, salah satunya dengan menjauhi konsumsi pisang.

Hindari Pisang Jika Ingin Hamil Anak Perempuan, Benarkah?

Ketika merencanakan kehamilan, ada beberapa pasangan yang ingin memiliki anak dengan jenis kelamin tertentu. Jika sudah memiliki anak laki-laki, kamu dan pasangan barangkali menginginkan hamil anak perempuan.

Beredar larangan makan pisang untuk wanita yang sedang program hamil anak perempuan. Namun, benarkah informasi tersebut?

Kamu jangan telan mentah-mentah informasi yang belum jelas seperti ini, lebih baik cari tahu lebih dahulu kebenarannya lewat ulasan berikut!

Benarkah Konsumsi Pisang Pengaruhi Jenis Kelamin Janin?

Penelitian pada jurnal Reproductive BioMedicine Online menyebutkan adanya keterkaitan antara diet dan waktu seks dengan jenis kelamin janin. 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan diet rendah natrium dan tinggi kalsium, dikombinasikan dengan waktu seks jauh sebelum ovulasi meningkatkan peluang wanita melahirkan bayi perempuan. 

Namun, penelitian tersebut tidak menyebutkan jika pisang masuk dalam daftar makanan yang dilarang untuk dikonsumsi wanita yang ingin hamil anak perempuan. 

Hal ini selaras dengan penuturan dr. Theresia Rina Yunita, “Mitos ya, hingga saat ini tidak ada makanan atau minuman serta metode tertentu yang dapat memastikan jenis kelamin yang diinginkan. Jika mau lewat inseminasi atau bayi tabung.”

“Penentu jenis kelamin adalah kromosom yang dibawa oleh sperma yang berhasil membuahi sel telur. Bila telur dibuahi oleh sperma kromosom X, jadilah anak perempuan. Bila telur dibuahi sperma kromosom Y, jadilah anak laki-laki”, papar dr. Theresia lebih lanjut.

Ingin Hamil Anak Perempuan, Haruskah Hindari Konsumsi Pisang?

Selama program hamil atau berlangsungnya masa kehamilan, konsumsi makanan sehat perlu ditingkatkan. Nah, pisang termasuk buah yang dianjurkan untuk wanita hamil atau yang sedang menjalani program hamil.

Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan 105 kalori, 1 gram protein, 3 gram serat. Di samping itu, buah ini juga tinggi kalium dan vitamin B6. 

Kalium membantu tubuh menjaga kesehatan saraf, mengatur detak jantung dan tekanan darah, serta membantu otot berkontraksi. Manfaatnya ini menjaga kesehatan ibu hamil dan wanita yang menjalani program hamil secara menyeluruh.

Vitamin B6 pada pisang membantu perkembangan otak dan sistem saraf janin. Di samping itu, vitamin ini juga bisa membantu meredakan keluhan morning sickness dan sembelit pada ibu hamil. 

Pisang yang kaya serat bisa membuat perut kenyang lebih lama, sehingga mencegah kamu ngemil makanan tidak menyehatkan. 

Tidak cuma ibu hamil atau wanita yang menjalani promil saja yang perlu mengonsumsi pisang. Calon ayah juga memasukkan pisang sebagai menu makanan harian. Pasalnya, ada kandungan bromelain yang bisa mengatur hormon seks. 

Kandungan vitamin B1, vitamin A, dan vitamin C pada pisang juga baik untuk meningkatkan stamina dan kemampuan tubuh dalam memproduksi sperma yang sehat.

Artikel Lainnya: Benarkah Ada Ciri-Ciri Khusus Hamil Anak Laki-Laki?

Sungguh banyak manfaat pisang untuk ibu hamil dan wanita yang menjalani program hamil, bukan? Oleh sebab itu, kamu yang sedang hamil atau berencana hamil anak perempuan maupun anak laki-laki jangan menghindari makanan ini, ya!

Jika kamu memiliki banyak pertanyaan seputar kehamilan atau program hamil, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter kandungan. Untuk konsultasi dengan dokter kandungan lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, lho!

(NM)

perempuanpisang

Konsultasi Dokter Terkait