Sukses

Kegiatan di Rumah Saat Liburan untuk Anak Alergi

Saat liburan, banyak keluarga memilih untuk beraktivitas di luar rumah. Namun bagaimana ketika Si Kecil alergi dan harus tinggal di rumah?

Klikdokter.com, Jakarta Musim liburan memang selalu terasa menyenangkan. Semua orang bersemangat, apalagi untuk segera berlibur bersama keluarga. Berlibur, baik hanya di dalam negeri maupun ke luar negeri dengan mengajak Si Kecil, memang terdengar sangat menyenangkan. Namun ketika Si Kecil memiliki alergi dan membuatnya tak bisa keluar rumah, jangan berkecil hati.

Sebenarnya, dengan persiapan yang cukup, Si Kecil yang memiliki alergi dapat dibawa berlibur. Namun jika keluarga memutuskan untuk memilih tinggal di rumah, jangan biarkan antusiasme anak berkurang. Ada banyak pilihan kegiatan untuk Bunda lakukan bersama Si Kecil di rumah, sehingga momen liburan tetap seru.

Liburan di rumah dapat diisi dengan berbagai kegiatan yang berfokus pada imajinasi dan kreativitas si Kecil. Membiasakan Si Kecil berpikir dengan bebas dapat meningkatkan sisi kreativitas serta kemampuannya dalam mengatasi masalah.

Selain itu, berimajinasi juga akan membantu Si Kecil supaya bebas dari rasa bosan. Misalnya, mengajarkan tentang warna dan akan dengan menggunakan pensil warna atau krayon, mewarnai, menggambar, melukis, dan lain-lain.

Piknik di rumah juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mintalah Si Kecil untuk turut berpartisipasi dalam menyiapkan makanan dan peralatan sambil mengajarkannya nama-nama benda, bumbu, sayur, dan buah-buahan.

Sambil piknik, Bunda dan Si Kecil dapat bermain bersama menyusun puzzle. Kegiatan inidiketahui merupakan metode efektif  untuk mengajarkan tentang keterampilan dan pemahaman konsep.

Untuk anak yang lebih besar, Bunda dapat melibatkannya dalam proses memasak atau membuat kue. Proses pembelajaran ini juga dapat menumbuhkan inisiatif dan membiasakan mereka membantu di rumah secara rutin. Sambil memasak, Bunda dapat mengajarkan tentang jenis-jenis bahan makanan yang harus dihindari terkait dengan kondisi alergi Si Kecil.

Manfaatkan halaman rumah atau tempat-tempat di sekitar rumah. Ajak Si Kecil ke taman sambil mengajarinya tentang berbagai nama benda dan permainan, serta bagaimana berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

Ayah, Bunda, dan Si Kecil juga dapat bersama-sama menanam sayur, bunga, buah, atau jenis tanaman lainnya di kebun. Banyak sekali hal yang dipelajari si Kecil, seperti menyiram tanaman, menyingkirkan rumput, memetik daun atau bunga, hingga menggambar tanaman.

Bagaimana? Pilihan berbagai aktivitas di atas bersama Si Kecil di rumah saat masa liburan tetap terdengar menyenangkan, kan? Apalagi sisi positif lainnya adalah potensi paparan alergen yang dapat mengancam Si Kecil lebih rendah dibandingkan dengan lokasi yang asing. Ingat, jangan sampai Ayah dan Bunda merasa pesimis. Meski tidak pergi liburan, ada banyak sekali kegiatan seru yang dapat dilakukan.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar