Tips Parenting

5 Kegiatan Berkualitas untuk Mengisi Liburan si Kecil

dr. Reza Fahlevi, 22 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin liburan bersama si Kecil lebih berkualitas? Lewati dengan melakukan kegiatan berikut ini.

5 Kegiatan Berkualitas untuk Mengisi Liburan si Kecil

Libur hampir tiba. Bunda pasti sudah menyiapkan rencana liburan bersama si Kecil, bukan?

Liburan bersama si Kecil merupakan momen berharga, yang dapat mempererat hubungan Bunda dengannya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Bunda perlu menyusun rencana dengan matang, agar si Kecil benar-benar menikmati momen liburannya.

Berikut beberapa pilihan kegiatan yang bisa membuat liburan si Kecil menjadi lebih berkualitas:

  1. Kegiatan melatih kebugaran fisik

Mungkin Bunda dan si Kecil jarang menghabiskan waktu untuk melatih kebugaran fisik. Oleh karena itu, liburan merupakan momen yang tepat untuk Bunda melatih kebugaran fisik bersama si Kecil.

Beberapa aktivitas fisik yang menyenangkan bersama si Kecil untuk mengisi liburan adalah berenang, lari pagi, bersepeda bersama, hiking, atau mempelajari satu jenis olahraga baru bersama.

  1. Kegiatan menambah pengetahuan dan wawasan

Selama masa liburan, otak si Kecil juga harus tetap diasah dengan pengetahuan. Bunda dapat mengajak si Kecil ke museum atau tempat bersejarah, kebun binatang atau taman nasional, planetarium, toko buku, memperdalam agama, atau mempelajari suatu hal baru di rumah selama liburan.

  1. Kegiatan menambah keterampilan dan bakat

Bunda juga dapat mengisi liburan si Kecil dengan berbagai kegiatan menyenangkan, sekaligus menambah keterampilan dan bakatnya. Misalnya memasak bersama si Kecil, belajar melukis, membuat berbagai kerajinan tangan, belajar menari, belajar bernyanyi, memainkan alat musik, atau fotografi. Kelak di kemudian hari, keterampilan ini akan menjadi nilai lebih untuk si Kecil.

  1. Kegiatan melatih anak bersosialisasi

Kegiatan berkualitas lain yang dapat Anda pilih untuk mengisi waktu liburan si Kecil adalah latihan bersosialisasi. Contohnya, kegiatan pramuka, kursus singkat, camp, kegiatan alam, atau kegiatan religius seperti pesantren kilat.

Saat melakukan kegiatan tersebut, si Kecil akan menemui teman-teman baru sehingga ia akan bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

  1. Kegiatan untuk meningkatkan kecintaan terhadap alam

Hal yang tak kalah penting dan menarik untuk mengisi liburan si Kecil adalah kegiatan untuk menumbuhkan rasa cinta pada alam. Mengajak si Kecil berpetualang naik gunung, pergi ke pantai, atau mengunjungi perkebunan dan menikmati alam pedesaan merupakan beberapa contoh kegiatan untuk menambah kecintaan si Kecil terhadap alam.

Bunda dapat mengajak si Kecil berpetualang di alam sembari mempelajari ekosistem di tempat tersebut. Dengan pegalaman ini, si Kecil akan lebih menghargai dan mencintai alam.

Banyak sekali pilihan kegiatan berkualitas yang dapat Bunda lakukan bersama si Kecil selama liburan. Kira-kira, mana yang akan Bunda pilih? Pastikan si Kecil juga menikmatinya, ya!

(NB/ RH)

LiburanSi kecilKegiatan berkualitas

Konsultasi Dokter Terkait