HomeIbu Dan anakKesehatan AnakBolehkah Anak Alergi Pergi ke Kebun Binatang?
Kesehatan Anak

Bolehkah Anak Alergi Pergi ke Kebun Binatang?

dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, 23 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kondisi alergi pada si Kecil terkadang membuat Anda sebagai orang tua berhati-hati saat membawanya bepergian.

Bolehkah Anak Alergi Pergi ke Kebun Binatang?

Saat membawa si Kecil berekreasi seperti ke kebun binatang, orang tua tentu ingin menghindari timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan. Alergi merupakan suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap bahan-bahan tertentu yang disebut alergen. Saat terpapar alergen, dapat muncul reaksi yang tidak diduga.

Reaksi alergi dapat berupa reaksi ringan saja, namun dapat juga berupa reaksi yang mengancam nyawa. Gejala yang ringan di antaranya ruam dan gatal pada kulit, bersin-bersin, atau mata berair. Pada reaksi berat, si Kecil dapat mengalami penurunan tekanan darah yang tajam, sesak nafas, hingga kehilangan kesadaran.

Kebun binatang merupakan salah satu tujuan favorit untuk berjalan-jalan. Agar suasana menyenangkan dan tambahan pengetahuan dari kebun binatang dapat tetap diperoleh si Kecil yang memiliki alergi.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Menjaga Jarak dengan Hewan

Pada umumnya, jika si Kecil tidak melakukan kontak langsung atau berada terlalu dekat dengan hewan, reaksi alergi tidak berpotensi terjadi.

2. Memeriksa Kondisi Tumbuhan di Kebun Binatang

Apabila si Kecil alergi serbuk sari, maka berhati-hatilah di tengah hari, saat serbuk sari paling banyak tertiup angin.

3. Membawa Obat-obatan untuk Alergi

Kotak pertolongan pertama yang berisi antihistamin, dekongestan, tetes mata, dan krim kulit harus tersedia di tas Anda untuk mengatasi kondisi darurat saat reaksi alergi muncul.

4. Berhati-hati saat Mengunjungi Wahana Menyentuh Hewan

Beberapa kebun binatang memiliki wahana menyentuh atau membelai hewan. Apabila si Kecil memiliki alergi terhadap hewan tertentu, cegah ia saat ingin menyentuh hewan tersebut.

5. Menanyakan Kandungan Makanan Sebelum Membeli

Pastikan bahwa makanan yang akan Anda beli tidak mengandung bahan-bahan yang dapat memancing reaksi alergi si Kecil.

Selain beberapa hal di atas, Anda sebagai orang tua sebaiknya menjauhi area merokok dan membawa minuman yang cukup, sebab asap rokok juga dapat memicu reaksi alergi. Selain itu, minum air dalam jumlah cukup juga mencegah si Kecil terkena dehidrasi dan menjaga fungsi imunitas tubuhnya.

Ingin membawa si Kecil yang memiliki alergi mengunjungi kebun binatang? Boleh saja. Tapi, perhatikan hal di atas saat melakukan kegiatan tersebut. Apabila persiapan sudah dilakukan dengan matang, Anda pun akan terbebas dari rasa khawatir. Selamat berekreasi!

[NP/ RH]

LiburanKebun Binatangbinatanganak alergi

Konsultasi Dokter Terkait