Sukses

Apa Itu Global Handwashing Day?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprakarsai Global Handwashing Day untuk menggalakkan gerakan tangan bersih.

Klikdokter.com, Jakarta Tahukah Anda tentang Global Handwashing Day yang jatuh setiap bulan Oktober? Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprakarsai Global Handwashing Day untuk menggalakkan  gerakan tangan yang bersih dengan mencuci tangan, terutama menggunakan sabun.

Gerakan ini bertujuan untuk menurunkan angka kejadian infeksi di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Dengan demikian, angka kematian karena penyakit infeksi yang dapat ditularkan oleh tangan pun dapat menurun.

Gerakan mencuci tangan dengan sabun dianggap sangat penting dan sangat mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, Global Handwashing Day dipandang perlu untuk diperluas secara global.

Indonesia merupakan salah satu dari 70 negara yang berkomitmen mengikuti gerakan cuci tangan pakai sabun untuk menurunkan angka kematian karena infeksi. Pada tahun 2003, jumlah anak usia lebih dari 10 tahun yang mencuci tangan pakai sabun dengan tepat dan benar hanya 23,2 persen. Pada tahun 2007, jumlah tersebut meningkat menjadi 47 persen. Peningkatan ini terjadi berkat edukasi di berbagai lapisan masyarakat untuk melakukan gerakan cuci tangan pakai sabun.

Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu tindakan mudah dan murah untuk mencegah berbagai penyakit yang ditularkan oleh tangan. Kebiasaan tersebut dapat menghalau penyakit yang ringan seperti batuk dan pilek, penyakit mata, sampai penyakit yang dapat menyebabkan kematian seperti diare, hepatitis, dan flu burung.

Dengan mengetahui penjelasan tentang Global Handwashing Day, Anda tentu juga memahami bahwa mencuci tangan, terutama dengan sabun, merupakan aktivitas yang sangat penting. Anda dapat memelihara kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar