Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakResep Camilan Sehat untuk Anak Alergi
Kesehatan Anak

Resep Camilan Sehat untuk Anak Alergi

Tim Redaksi KlikDokter, 03 Okt 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menyediakan camilan sehat untuk anak alergi merupakan sebuah tantangan. Bagaimana menyiasatinya?

Resep Camilan Sehat untuk Anak Alergi

Anak dengan alergi memerlukan perhatian khusus. Pada kasus alergi makanan misalnya, orang tua harus memastikan setiap makanan yang dikonsumsi bebas dari bahan yang dapat memicu alergi. Demikian pula halnya dengan camilan.

Beberapa sajian makanan berikut mungkin bisa menjadi ide camilan sehat untuk Si Kecil:

   • Pure Pisang Mangga

Menu camilan ini sangat mudah. Haluskan pisang, mangga, air perasan jeruk, dan susu kedelai. Kemudian segera sajikan pada anak.

   • Puding Soya Buah

Meskipun si Kecil alergi susu sapi, ia tetap bisa menikmati puding. Bila biasanya puding dibuat dengan campuran susu sapi di dalamnya, Anda dapat menggunakan susu kedelai sebagai penggantinya.

Membuatnya pun cukup mudah. Campurkan air, agar-agar, dan gula lalu masak hingga mendidih. Tambahkan susu kedelai serta buah-buah yang telah dipotong kecil. Diamkan hingga mengeras dan sajikan ketika dingin agar lebih segar.

   • Biskuit Kukus Madu

Menu ini pun cocok diberikan pada anak yang alergi susu sapi dan kacang-kacangan.

Susun apel, pisang yang telah dipotong-potong serta biskuit tawar yang telah dihancurkan. Tuang larutan air, telur, gula, dan madu di atasnya. Kemudian kukus sebentar selama kurang lebih 3–5 menit. Kemudian, tuang larutan susu kedelai.

   • Sup Buah Kacang Hijau

Menu ini pun tak kalah mudah dan lezat. Rebuslah kacang hijau lalu tiriskan. Susunlah potongan buah-buahan (Anda dapat gunakan pepaya dan semangka) serta kacang hijau di wadah. Tambahkan susu kedelai ke dalamnya, aduk rata dan sajikan.

Menyajikan camilan sehat bagi anak alergi ternyata tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Jadi tak perlu ragu bereksplorasi dengan berbagai bahan makanan agar anak tetap mendapat menu yang sehat dan tak mudah bosan.

 

Alergi merupakan reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Terdapat dua faktor penyebab terjadinya alergi pada anak yakni faktor genetik dan lingkungan.

Pencegahan terhadap yang berisiko tinggi anak mengalami alergi sebaiknya dilakukan dengan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan pertama.

Bagaimana dengan anak yang telah mendapatkan susu formula namun ternyata alergi terhadap protein susu sapi? Anda bisa mengatasinya dengan menghindari protein susu sapi yang utuh. Ganti nutrisinya dengan formula hidrolisat penuh, formula asam amino atau formula isolat protein kedelai.

Salah satu produk susu yang telah sejak lama dipercaya aman untuk membantu memenuhi asupan gizi anak alergi adalah Morinaga Soya. Produk ini diformulasi secara khusus untuk mengatasi gejala alergi pada anak yang sudah di didiagnosis alergi susu sapi.

Morinaga Soya dibuat dengan menggunakan bahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa. Ada dua varian Morinaga Chil Kid Soya dan Morinaga Chil School Soya. Morinaga Chil Kid Soya yang diperuntukkan khusus untuk anak usia 1–3 tahun. Sedangkan Morinaga Chil School Soya untuk anak 3–12 tahun.

Lalu bagaimana dengan anak yang belum terdiagnosis, namun memiliki risiko tinggi terhadap alergi? Untuk mengurangi resiko yang muncul bila si Kecil memiliki bakat alergi, Bunda bisa memberikan Morinaga Chil Kid P-HP. Produk susu tersebut untuk pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1–3 tahun.

Tak hanya itu, produk ini diperkaya kandungan protein susu sapi yang telah diolah sedemikian rupa agar lebih mudah dicerna dan mengurangi risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi. Untuk informasi lengkap tentang nutrisi terbaik bagi anak yang alergi bisa kunjungi www.cekalergi.com #AlergiTetapBerprestasi

(DA/ RH)

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter