Kesehatan Anak

5 Makanan Alternatif Bila si Kecil Alergi

dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, 28 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bila si Kecil mengalami alergi makanan, adakah makanan alternatif untuknya?

5 Makanan Alternatif Bila si Kecil Alergi

Alergi merupakan suatu reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap benda asing yang disebut alergen. Penyebab alergi dapat berupa makanan, zat yang dihirup, obat, maupun bahan yang berkontak dengan kulit. Alergi yang paling sering terjadi adalah alergi makanan.

Makanan-makanan yang menyebabkan alergi pada si Kecil kerap merupakan jenis makanan yang memiliki nilai nutrisi penting. Berdasarkan data dari Mayo Clinic, walaupun ada lebih dari 160 jenis makanan yang dapat menimbulkan alergi, namun ada makanan-makanan tertentu yang paling sering menjadi penyebab alergi.

Berikut beberapa makanan penyebab alergi serta makanan alternatifnya untuk si Kecil:

1. Susu

Kandungan nutrisi, terutama kalsium dan vitamin D pada susu, berperan penting dalam pertumbuhan si Kecil. Selain diminum langsung, susu juga sering ditemukan dalam produk makanan seperti kue atau biskuit.

Bila si Kecil alergi susu, alternatif seperti susu kedelai, susu almon, atau santan dapat diberikan.

Susu kedelai yang mengandung isolat protein kedelai (sebagai sumber protein) yang berkualitas tinggi setara susu sapi dapat menjadi pilihan. Selain itu, konsumsi telur dan sayur-sayuran juga perlu ditingkatkan untuk memberinya protein dan kalsium.

2. Telur

Mencari alternatif untuk telur memang bukan perkara mudah. Hidangan seperti omelet atau telur dadar tentu tidak dapat diberikan untuk anak yang alergi telur.

Namun kandungan nutrisi protein dalam telur dapat diberikan melalui sumber makanan seperti daging dan ikan. Untuk menggantikan peran telur dalam pembuatan kue, alternatif seperti saus apel, pisang, atau pure buah lain dapat digunakan.

3. Ikan

Jika si Kecil alergi terhadap ikan, maka konsumsi minyak ikan pun harus dihindari. Asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh dapat tetap diberikan melalui alternatif berupa sayur-sayuran hijau, minyak kedelai, dan minyak kanola.

Untuk memenuhi kebutuhan protein si Kecil, konsumsi daging merah dan kacang-kacangan dapat menjadi pilihan Bunda.

4. Kacang pohon

Anak-anak sering menyukai rasa dan tekstur kacang-kacangan. Kacang tanah sebenarnya berbeda dengan kacang pohon –sepertii almon dan walnut. Namun anak bisa saja alergi pada keduanya. Alternatif untuk kacang-kacangan dapat berupa biji bunga matahari, kacang hijau, atau kacang kedelai.

5. Gandum

Gandum merupakan salah satu penyebab alergi terbanyak. Berbagai makanan dan saus mengandung gandum di dalamnya, sehingga Bunda harus berhati-hati dalam memilih.

Alternatif untuk mengolah makanan dari gandum adalah tepung bebas gandum seperti yang terbuat dari kelapa, almon, oat, atau beras.

Memiliki alergi makanan tidak berarti membuat si Kecil kehilangan kesempatan menikmati makanan dan memperoleh nutrisinya. Berbagai alternatif makanan tersedia untuk diberikan pada anak yang alergi. Bunda dapat memilih bahan makanan pengganti yang tentunya disukai si Kecil.

Masih punya pertanyaan seputar topik ini? Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter secaraonline melalui layanan Tanya Dokter.

[BA/ RH]

 

makananSi kecilMakanan AlternatifAlergi

Konsultasi Dokter Terkait